Seni & BudayaSeputar Travelling

Ini Dia Permintaan Unik Bocah Rambut Gimbal di Dieng Culture Festival 2017

Dieng Culture Festival (DCF) 2017 merupakan penyelenggaraan yang ke delapan sejak dilakukan pertama kali tahun 2009 lalu. Salah satu yang menjadi agenda utama acara Dieng Culture Festival adalah ritual potong rambut bocah gimbal. Ritual ini dilakukan sebagai sarana untuk membuang rambut gimbal yang tumbuh dalam diri seorang anak.

Bagi masyarakat sekitar Dieng, bocah rambut gimbal dianggap sebagai titisan raja terdahulu. Orang tua boleh memotong rambut gimbal anaknya, dengan syarat itu memang insiatif si anak sendiri, dan apapun permintaan si anak harus dituruti.

Foto by Antara

Berdasarkan kepercayaan lokal, permintaan dari Bocah Gimbal sebetulnya bukanlah permintaan dari sang anak, melainkan dari rambut gimbalnya. Dan ini pun lewat proses petunjuk atau wahyu. Permintaan ini wajib dipenuhi, karena kalau nggak maka rambut gimbal di bocah tersebut nantinya bakal tumbuh lagi.

Satu hal yang paling penting dan nggak boleh tertinggal dalam pelaksanaan upacara pemotongan rambut gimbal adalah persyaratan berupa permintaan dari Bocah Gimbal. Biasanya masing-masing Bocah Gimbal akan punya permintaan sendiri-sendiri, yang kadang susah untuk ditebak.

Foto by Antara

Kayak tahun ini misalnya, ada beberapa permintaan yang cukup unik yakni:

  • Tablet ipad
  • Kambing
  • Jajanan yang diminta dari tetangga
  • Buah-buahan
  • Es krim
  • Sepeda kecil 4 buah

Ritual pencukuran rambut gimbal ini sebetulnya merupakan tradisi leluhur yang sudah turun-temurun. Pelaksanaan DCF hanyalah cara, agar tradisi dan budaya ini terus terjaga dan terus dilestarikan.

Kalau kalian belum sempat ikut nonton ritual potong rambut gimbal di tahun 2017, mungkin bersiaplah untuk mengikuti prosesi nya ditahun depan dan jangan lupa untuk eksplor Dieng sekalian, seru kan?

Referensi by https://phinemo.com/
Tags
Show More

febeshinta

Hi, i am Febe Shinta, the editor in chief of backpackerjakarta.com and also the owner of febeshinta.com. For anyone who want to say “Hi” about thing related to both of these websites, please send me an email for more information or bussiness inquiry.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *