Danau & Sungai

Ini Dia Danau Limboto : Danau Terbesar di Gorontalo

Hai travellers! Tau tidak kalau Pemprov Gorontalo sedang gencar-gencarnya mengembangkan pariwisata di Gorontalo. Adapun 3 potensi wisata yang ditawarkan meliputi Wisata Alam, Budaya, dan Buatan. Akan tetapi, wisata alam yang terkenal di Gorontalo ternyata tak hanya pantai dan pulau saja loh. Tetapi juga ada Danau Limboto. Yups, danau terbesar di Gorontalo yang terletak di Kecamatan Limboto, Provinsi Gorontalo, Indonesia.

Photo by https://elshinta.com
Pendangkalan Yang Memprihatinkan

For your information nih guys, Danau Limboto memiliki luas sekitar 3.000 hektar dengan kedalaman 7 hingga 8 meter. Tapi sayangnya, kedalaman tersebut hingga kini malah semakin berkurang. Padahal, dulu pada tahun 1930 tercatat bahwa Danau Limboto memiliki kedalaman 25 meter dengan luas sekitar 7.000 hektar.

Photo by : Lampungpro.com

Wah, kenapa begitu ya ? Jadi, denger-denger sih proses pendangkalan itu terjadi karena adanya erosi di jalur sungai. Dimana banyak terjadi ilegal logging dan banyaknya tumbuhan enceng gondok yang pertumbuhannya tidak terkendali. Padahal, Danau Limboto adalah salah stau ekosistem penyangga dari wilayah di sekitar Gorontalo loh. Jadi, keberadaannya memang sangat penting.

Menjadi muara dari 5 sungai besar

Yang lebih penting lagi, danau ini ternyata menjadi 5 muara sungai besar yang ada di sekitarnya. Yaitu sungai Bone, sungai Bolangi, sungai Alu, sungai Bilonga, dan sungai Molalahu.

Photo by https://traviamgz.com

Selain menjadi muara dari kelima sungai, ternyata Danau Limboto juga menjadi tempat persinggahan burung-burung migran yang akan melanjutkan perjalanannya. So, nggak heran kalau hal ini ternyata menjadi daya tarik tersendiri dari Danau Limboto.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Waktu yang cocok untuk berkunjung ke Danau Limboto yaitu pagi atau sore hari. Disini kamu bisa menikmati udara sejuk di sekitar danau hinga melihat burung-burung migran yang menyenangkan. Atau mungkin sekedar menikmati aroma harum dari bunga-bunga tanaman air yang bermekaran di Danau Limboto. Dan kalau ingin lebih asyik lagi, kamu bisa berenang di tepian danau, memancing, hingga berkeliling danau dengan menggunakan prahu penduduk setempat.

Photo by : http://www.gocelebes.com

Tapi, sayang seribu sayang. Danau Limboto kini sangat memprihatinkan. Karena kondisinya yang sudah terancam punah. Endapan lumpur dan tanah yang ikut mengalir dan menumpuk akibat erosi menjadikannya semakin dangkal dari tahun ke tahun.

Photo by https://www.jejakpiknik.com

Bahkan, berbagai jenis ikan disini seperi ikan Dumbaya, ikan Payangga, Huluu, Manggabai, dan lainnya pun terancam punah. Waah, sedih ya dengernya. Yah, semoga saja Pemerintah Provinsi Gorontalo segera menindaklanjuti kondisi Danau Limboto ya, agar bisa kembali menjadi danau indah yang ada di Gorontalo.

Ref : www.jejakpiknik.com
Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *