Danau & Sungai

Danau Terbesar Ke-3 Di Indonesia Itu Bernama Danau Poso

Danau Dengan Pasir Putih Yang Cantik & Menawan

Pasir Putih di Tepi Danau

Siapa sangka kalau pasir putih yang biasanya ada di tepi pantai, ternyata bisa juga kamu temukan di pinggiran danau loh. Dan danau berpasir putih itu adalah Danau Poso.

Photo by triptrus.com

Berada di ketinggian sekitar 657 mdpl, dengan panjang sekitar 32 km dan lebar sekitar 16 km, menjadikan danau ini menyandang predikat danau terbesar ke-3 di Indonesia. Pantainya terbentang sekitar 127 km mengelilingi perairan danau. Adapun titik terdalamnya yaitu sekitar 510 meter dan kedalaman rata-rata sekitar 195 meter. That’s why, Danau Poso juga kerap disebut sebagai salah satu danau paling dalam di Indonesia.

Photo by https://sumber.com

Danau Poso sendiri memiliki panorama yang sangat indah dan menakjubkan. Maybe karena letaknya yang dikelilingi oleh perbukitan dan area hutan. Sehingga siapapun yang mengunjunginya pasti terbuai larut dalam udara yang sejuk dan menenangkan. Apalagi, Danau Poso memiliki pantai pasir putih yang bersih dan ekosistem danau yang masih terjaga. So, nggak heran kalau Danau Poso memiliki perairan yang sangat jernih .

Photo by https://cdn.pesonaindo.com

Pokoknya guys, jika melihat Danau Poso, kamu pasti seperti bukan berada di danau deh. melainkan seperti sedang berada di pantai-pantai tepi laut yang memiliki warna air hijau kebiru-biruan. Ahhh indahnya.

Photo by wikipedia
Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

By the way, adapun aktifitas yang bisa kamu lakukan disini yaitu berenang di tepian pantai, jalan-jalan menyusuri perairan danau, atau bahkan berkeliling menyusuri danau menggunakan perahu motor sewaan. Sembari menyusuri danau, kamu akan menemukan berbagai macam pemandangan yang tak kalah menarik. Seperti melihat masyarakat setempat memancing, menjala ikan, dan membudidaya ikan di keramba.

Photo by tripadvisor

Di bagian tempat lainnya, kamu juga bisa menemukan sekumpulan batu-batu besar yang muncul dari dalam danau. Masyarakat menyebutnya Watu Ngonggi dan Watu Asa Mpangasa Angga. Di bagian lainnya kamu juga bisa menemukan beberapa gua yang cukup dalam bahkan ada gua yang kedalamannya sampai ke dasar danau.

Photo by http://dekrit.com

Nah, itulah sekilas tentang Danau Poso. Jika kamu tertarik mengunjunginya, datanglah ke Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, melalui kota Tentena. Aksesnya cukup mudah kok, karena berada di dekat lintas Trans Sulawesi, jalur yang menghubungkan Toraja – Poso – Gorontalo – Manado.

Ohya, tidak ada biaya yang dikenakan, alias gratis! Dan jika kamu ingin menghabiskan waktu di sekitar danau ini, kamu bisa menyewa penginapan mulai dari Wisma, hotel, dan Homestay yang ada disekitarnya. Selamat berkunjung ya.

Ref : http://www.gocelebes.com
Tags

kikyamaleader

Hai! Panggil saja aku Rizky Amalia. Seorang perempuan yang hobby traveling dan hiking, kemudian dengan hati berbunga-bunga selalu bersemangat menceritakan kembali dalam bentuk tulisan agar bisa bermanfaat untuk orang banyak. Anyway, selain aktif menulis di Backpacker Jakarta, aku juga bagian dari Teater Enjuku'18, selain itu pernah menjadi Ketua UKM Seni Budaya STEI '15, Wakil Ketua OSIS SMKN 14, dan bagian dari Paskibra SMKN 14 serta Racata Taekwondo.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *