Alam & Taman

Indahnya Perkebunan Rancabolang Ciwidey, Ada Bukit Jamurnya loh

Perkebunan Rancabolang Ciwidey adalah sebuah perkebunan teh yang berada dikawasan Ciwidey Bandung Jawa Barat. Perkebunan ini milik PTPN VIII yang berada di Ciwidey. Selain sebagai perkebunan teh, Rancabolang juga menjadi sebuah objek wisata yang bisa dikunjungi para wisatawan yang tak hanya datang dari Bandung atau sekitarnya saja tetapi juga dari luar kota seperti Jakarta.

foto : @thet_ntet

Selain terkenal akan keindahanya, Rancabolang juga terkenal dengan sebuah taman yang banyak terdapat pohon-pohon yang dibentuk seperti sebuah jamur. Itu sebabnya banyak yang menyebut taman ini sebagai Bukit jamur Rancabolang. Bila kita berfoto diantara pohon-pohon ini maka seperti berada diantara tanaman jamur yang berukuran raksasa dan kita seperti sebuah kurcaci kecil.

foto : @Mochadjmalfarizqi

Secara administratif Bukit Jamur Rancabolang ini berada di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Provinsi Jawa Barat. Buat kamu yang ingin datang ke Bukit Jamur Rancabolang ini bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat dengan rute menuju kawasan Geodipa Energi atau kawasan Kebun Teh Rancabolang milik PTPN VIII yang berada di Ciwidey. Rutenya yakni Kota Bandung – Leuwi Panjang – Kopo Sayati – Margahayu – Katapang – Soreang – Pasir Jambu – Ciwidey – Baru Tunggul – Dusun Keneng dan sampai di Desa Rancabolang.

Pohon yang terlihat seperti jamur (foto : @diiiiin249)
foto : @widiniss

Untuk tiket masuknya sendiri masih gratis jadi belum ada penarikan tiket masuk. Namun biasanya hanya dimintai biaya parkir saja. Belum ada warung yang berjualan disekitar taman sehingga disarankan jika ingin datang ke taman ini wajib membawa bekal sendiri. Untuk toiletnya sendiri kalian bisa menumpang ke pos penjagaan sekitar kebun teh. Biasanya jika hari libur akan banyak wisatawan yang datang kesini sehingga kalo mau foto harus antri.

foto : @thet_ntet

Disekitar Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey ini ada juga spot foto yang cukup unik dan klasik lainya seperti rumah peninggalan Belanda yang memiliki ciri atau design unik seperti khas Belanda. Rumah-rumah ini dilengkapi dengan cerobong asap yang berguna sebagai penghangat ruangan. Yap kalian tau kan Ciwidey itu sangat dingin jadi butuh tempat perapian.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata disemua daerah di Indonesia. ( Follow Instagram @emyebpj )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close