Uncategorized

Sejarah Batu Berbentuk Naga Di Gunung Tilu – Jawa Barat

Gunung Tilu merupakan sebuah gunung yang memiliki ketinggian 1.076 mdpl dan terletak dekat perbatasan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Secara administratif pemerintahan, Gunung Tilu termasuk ke dalam wilayah Desa Jabranti Kecamatan Karangkancana Cibeureum dan Desa Cimara, Kabupaten Kuningan. Dengan namanya dalam bahasa Sunda “Tilu” yang artinya 3, gunung ini memang memiliki tiga puncak yaitu Puncak Sukmana 1154 mdpl, Puncak Tilu 1076 mdpl, dan 1 puncak lainnya yang belum bernama.

gunungtilublogspot

Sumber : gunungtilublogspot

Selain bisa menikmati pegunungan, kalian juga akan merasakan sensasi kesegaran dari 2 sungai besar yang melintasinya. Dan yang lebih menarik, di Gunung Tilu juga terdapat hutan lindung yang banyak pohon jati dan pinus. Namun, itu semua masih belum seberapa karena jika kita dapat mencapai puncak Gunung Tilu maka kita akan menemukan situs batu berbentuk naga, yang ada hubungannya dengan legenda Ambu Naga Runting.

Untuk sampai ke puncak Gunung Tilu dibutuhkan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan dengan jalur yang tanah dan ilalang yang lumayan tinggi serta kemiringan hampir 75 derajat yang membuat fisik lelah, ditambah lagi sumber air yang tersedia hanya berada di basecamp sehingga berat beban persediaan air yang di bawa tim semakin bertambah.

Tarif untuk masuk ketempat wisata Gunung Tilu ini tidak perlu menghabiskan uang untuk biaya masuk karena gratis! So, kalian hanya memerlukan biaya untuk menuju ke lokasi seperti kendaraan pribadi karena lokasi pegunungan ini terletak di Desa Jatimulya Kecamatan Kasokandel (kurang lebih 8 Km dari Kota Majalengka) dan belum adanya angkutan umum dan fasilitas yang bisa dipakai.

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *