Editor PicksGunung

Keindahan Yang Tidak Di Ragukan Dari Puncak Gunung Pesagi – Lampung Barat

Gunung Pesagi merupakan sebuah gunung yang berada di Liwa, Kabupaten Lampung Barat dengan ketinggian mencapai 2389 mdpl. Keindahan alam di Lampung Barat sudah tidak diragukan lagi, dan Gunung Pesagi merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi, karena dari puncak Gunung Pesagi kalian dapat menikmati keindahan wilayah Lampung Barat, Danau Ranau, Pemukiman Masyarakat OKU, Laut Lepas Krui, dan Laut Lepas Belimbing.

arfianjunianto

Sumber : arfianjunianto

Keistimewaan puncak Gunung Pesagi memiliki jalur pendakian yang menantang, sepanjang jalur yang dilalui kita dapat menikmati keindahan bunga anggrek yang beranekaragam serta beberapa satwa liar, namun bagi para pendaki dilarang untuk memetik maupun berburu satwa yang ada di kawasan tersebut.

arfianjunianto3

Sumber : arfianjunianto1

Menurut keterangan dari warga sekitar, konon puncak pesagi tersebut terdapat tujuh sumur yang satu diantaranya kadang kala mengeluarkan aroma seperti minyak wangi. Akan tetapi tidak semua orang bisa mendapatkan air dari tujuh sumur tersebut dan hanya pendaki berhati bersih yang bisa mendapatkanya. Pendaki yang tidak ramah lingkungan atau tidak memiliki niat yang baik tidak akan mendapat air dari sumur tersebut.

Untuk menuju lokasi ini, ada beberapa alternative yang dapat ditempuh yaitu

  1. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, dari Bandar Lampung menuju kampung Bahway, Liwa, perjalanan yang ditempuh sekitar 6 jam perjalanan, setelah itu berjalan kaki menuju Puncak Pesagi
  2. Jika dengan angkutan umum juga bisa. Jarak tempuh sekitar 6-7 jam dari terminal Raja Basa, Bandar Lampung menuju Liwa , kemudian harus bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki , karena kendaraan tidak bisa masuk menuju lokasi.

Gunung Pesagi jika dibandingkan dengan gunung-gunung lain di luar Lampung memang dirasa tidak terlalu tinggi. Tetapi gunung tersebut memiliki keunggulan tersendiri dan termasuk kategori gunung yang memiliki jalur menantang karena karakter dari trek yang akan dilalui dalam pendakian di gunung ini adalah terjal, curam, dan banyak akar-akar pohon yang tumbang serta ditumbuhi lumut hijau yang licin maka peralatan serta barang-barang yang akan digunakan juga lebih baik yang standar pendakian apalagi bagi pemula yang baru pertama kali melakukan pendakian Gunung. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak Gunung Pesagi kurang lebih sekitar 6 jam perjalanan.

arfianjunianto1

Sumber : arfianjunianto1

Tetapi perjuangan tersebut tidak akan sia-sia karena view indah sudah menunggu kalian dipuncak dan sisinilah mata kalian akan dimanjakan pemandangan yang memukau.

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *