Gunung

Gunung Parang Tempatnya Rock Climbing, Hiking, dan Camping

Gunung Parang merupakan sebuah gunung di kawasan Sukamulya, Kabupaten Purwakarta yang memiliki ketinggian 963 mdpl. Tempat ini merupakan gunung batu andesit dan berdekatan dengan Waduk Jatiluhur.

Gunung Parang
Gunung Parang

Gunung Parang disebut-sebut sebagai gunung batu andesit tertinggi di Indonesia dan diklaim sebagai tebing batu andesit tertinggi kedua di Asia, bahkan banyak pihak yang menyebutkan Gunung Parang ini masuk dalam urutan 10 besar tebing alam tertinggi di dunia.

ferata parang

Gunung ini terdiri dari tiga puncak yang masing-masing memiliki perbedaan ketinggian. Medan vertikalnya menantang para pemanjat untuk merasakan rock climbing. Banyak pemanjat tebing lokal maupun mancanegara menjajal keahliannya dalam memanjat tebing di tempat ini.

Foto : @gunungparang
Foto : @gunungparang

Untuk aktivitas panjat tebing, wisatawan dapat mencoba memanjat di tiga sisi Gunung Parang. Tower I dengan ketinggian panjat sekitar 700 meter, tower II memiliki ketinggian jalur panjat hampir sama dengan tower I dengan bentuk meruncing di bagian atas, serta tower III terlihat lebih tumpul dan landai.

puncak gunung parang

Gunung Parang memang dikenal dengan olahraga panjat tebing, meski begitu Gunung Parang juga menawarkan jalur pendakian yang terbilang menantang. Meski tidak setinggi kebanyakan gunung di Pulau Jawa, namun tingkat kesulitan pendakian ini tidak bisa dibilang remeh. Saat memasuki batas hutan, akan langsung ditemui jalur bebatuan terjal yang tak jarang membuat lutut menempel dengan dada saat mendaki.

Parang dikala musim Hujan
Parang dikala musim Hujan

Karena jalurnya yang terjal dan tanahnya yang gembur bisa sewaktu-waktu menyebabkan siapa saja tergelincir, jangan ragu untuk menggunakan webbing sebagai pegangan dan tali pengaman. Gunakanlah sepatu treking sebab jalurnya yang licin dan berbatu. Ketika memasuki hutan kamu tidak akan menemukan sumber air, maka dari itu bawalah persediaan air ekstra.

Foto : @gunungparang
Foto : @gunungparang

Jalur yang berat serta lelah yang terkuras akan terbayar saat kamu tiba di Puncak Gunubg Parang. Panorama Waduk Jatiluhur dan hamparan pegunungan di sekitar, serta perkotaan juga persawahan hijau luas membentang memanjakan mata.

Kamu bisa memasang tenda dan bermalam di sini. Menyesap secangkir minuman hangat ditemani hembusan angin malam serta pemandangan milkyway yang memesona.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *