Gunung

Gunung Meja, Tempat Rekreasi Favorit di Manokwari

Gunung di Tengah Kota Manokwari

Manokwari yang merupakan ibu kota Provinsi Papua Barat menyimpan banyak sekali wisata alam yang indah. Mulai dari wisata bahari, gunung, hutan lindung, sampai kuliner. Salah satu yang menyita perhatian saya adalah Gunung Meja.

Gunung Meja di Manokwari
Foto: pesonawisataindonesia.com

Sejarah Singkat

Gunung yang masih masuk ke dalam kawasan Hutan Wisata Gunung Meja ini kaya akan nilai sejarah. Konon, dahulu kala Gunung Meja merupakan wilayah pertahanan Jepang dari serangan sekutu. Mereka menjadikan gunung ini sebagai basis pertahanan terakhir ketika terdesak oleh pasukan sekutu yang dipimpin oleh Amerika Serikat. Dulunya terdapat bunker-bunker yang tersebar di wilayah kaki gunung. Tapi sekarang sudah tidak bisa lagi dinikmati karena sudah tertimbun oleh tanah atau dijadikan tempat penampungan air oleh warga sekitar.

Gunung Meja di Manokwari
Foto: kompasiana.com

Keunikan Gunung Meja

Kita pasti sudah bisa menebak mengapa gunung ini dinamakan Gunung Meja. Yap, karena bentuknya yang menyerupai meja. Dari kajauhan, puncaknya sudah terlihat datar seperti meja. Namun tahukah kalian bahwa ada juga Gunung Meja (Table Mountain) di Afrika sana? Lalu apa yang membedakan Gunung Meja di Indonesia dengan di Afrika?

Gunung yg berada di tengah Kota Manokwari ini kerap kali menjadi tempat rekreasi bagi warga setempat. Bagaimana tidak? Jaraknya hanya 2 kilometer saja dari pusat kota. Jadi jangan kaget kalau banyak warga setempat yang pergi kesini untuk hiking setiap harinya.

Gunung Meja di Manokwari
Foto: Indonesiakaya.com

Untuk para pendaki yg sudah khatam 7 summit, Gunung ini lebih bisa dikatakan sebagai bukit. Tingginya tak mencapai 1000mpdl, hanya lahan seluas 460 Ha yang berupa hutan tropis. Bahkan disana ada sebuah tanah lapang dan gazebo untuk bersantai. Itulah sebabnya tempat ini digunakan sebagai sarana rekreasi alam oleh warga setempat.

Gunung Meja di Manokwari
Foto: Indonesiakaya.com

Flora dan Fauna

Selain kaya akan nilai sejarah, Gunung Meja juga memiliki flora dan fauna yang beragam. Tumbuhan seperti pohon jati dan binatang seperti kelelawar akan banyak ditemui di seluruh wilayah gunung. Salah satu yang unik disini kalian akan menemukan pohon pelangi.

Gunung Meja di Manokwari
Foto: bukalapak.com

Tingginya bisa mencapai 40 meter. Tumbuhan ini hanya tumbuh di Indonesia bagian timur, seperti Sulawesi, Pulau Seram di Maluku, serta Papua. Selain tinggi, pohon yang digunakan untuk industri pulpwood dan pembuatan kertas memiliki kulit yang unik, loreng-loreng seperti pelangi atau menyerupai baju tentara. Jika anda melihat tumpukan sampah persis di bawah pohon, itu merupakan kulit kayu yang mengelupas. Bagi sebagian orang yang sudah kesini banyak menemukan kaki seribu dan berbagai macam jamur, seperti jamur kuping dan jamur payung.

Gunung Meja di Manokwari
Foto: khasiattanaman.com
Gunung Meja di Manokwari
Foto: khasiattanaman.com

Wisata ke Manokwari? Jangan lupa mampir ke Gunung Meja ya!

Daftar referensi: pesonawisataindonesia.com & kompasiana.com

Tags

Rahma (@_raahmaaa)

Walk humbly, talk politely, dress neatly, play atrractively.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *