Gunung

Gunung Inerie: Menengok Piramida Alam Dari Kacamata Pulau Flores

Kalau di Garut, Jawa Barat punya Gunung Sadahurip yang tersohor karena bentuknya yang menyerupai piramida, ternyata di Pulau Flores pun ada gaes!

Gunung Inerie

Gunung Inerie namanya. Terletak di Kabupaten Ngada, atau sekitar lima belas kilometer ke arah selatan dari Bajawa yang merupakan pusat kota dari Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur, gunung ini terlihat seperti piramida dari negeri Mesir.

Untuk mendapatkan kepuasan maximal, kalian jangan hanya melihat dari jauh panorama keindahan Gunung Inerie, tapi cobalah langsung untuk mendaki nya. Memiliki ketinggian 2245mdpl, kalian akan menghabiskan waktu kurang lebih 4-5 jam sesuai kemampuan masing-masing untuk sampai kepuncak.

Mendaki Gunung Inerie bukanlah perkara mudah, trek dari gunung kebanggaan masyarakat Ngada ini didominasi oleh kerikil dan bebatuan cadas hingga ke puncak. Hal ini membuat jalanan yang dilewati menjadi licin dan sukar untuk dipijak. Dengan sedikitnya vegetasi pepohonan yang tumbuh di gunung ini akan menambah tantangan jika pendakian dilakukan dikala siang hari, karna sinar matahari yang terik tak kan segan untuk menambah beban pendakian.

Trek
Sedikitnya vegetasi pepohonan

Maka dari itu, para pendaki sebagian besar memulai pendakiannya dari dini hari agar sampai di puncak saat matahari mulai terbit. Oh iya, gunung ini juga ramai didaki saat musim kemarau atau sekitar bulan Juni hingga Agustus lhoh.

Matahari Terbit

Sambil nanjak terus kalian akan tiba di punggungan pertama, dari sana akan terlihat kawah yang cukup dalam dari Gunung Inerie. Namun itu bukanlah puncak. Kalian harus naik lagi dengan waktu kurang lebih 30 menit dengan ditemani jalur yang berbatu dan kemiringan yang semakin tajam.

Kawah

Setelah itu, kalian tina dipuncak yang ditandai dengan tiga buah tiang menyerupai salib yang tertancap di tanah. Dari puncak, akan terlihat jelas Kampung Adat Bena yang berada tepat di kaki gunung ini. Amazingkan?

Puncak
Kampung Adat Bena yang berada di kaki gunung Inerie

Nah, buat yang ingin nanjak ke Gunung Inerie atau memerlukan jasa guide dan bertanya-tanya mengenai informasi terkait, kalian bisa langsung ke tourist information center yang ada di Kota Bajawa.

Referensi artikel dan foto by Indonesia Kaya
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *