Pulau

Melihat Keindahan Lain Dari Pulau Flores Di Taman Laut 17 Pulau Riung

Keindahan Kepulauan Komodo di Pulau Flores sudah menjadi primadona pariwisata Indonesia. Mengapa? Yupz, karena banyak wisatawan lokal dan mancanegara berbondong-bondong untuk menginjakkan kaki disana.

Tapi salah, jika orang-orang menyimpulkan bawah keindahan Pulau Flores hanya terdapat di Kepulauan Komodo, melainkan dari barat hingga sisi timur pulau ini juga menyimpan potensi wisata yang sangat menakjubkan, salah satu adalah Taman Laut 17 Pulau Riung.

Foto by Satya Winnie

Taman laut ini menyuguhkan sisi yang berbeda dari Pulau Flores, ketika menginjakkan kaki di kawasan taman laut yang memiliki lebih dari tujuh belas buah pulau ini, kalian seolah diajak untuk merasakan langsung keindahan dari Taman Laut 17 Pulau Riung.

Terletak di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur, taman laut ini merupakan bagian dari kawasan konservasi dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Kupang. Berjarak sekitar 75 km dari Kota Bajawa, ibu kota Kabupaten Ngada. Perjalanan menuju kawasan Taman Laut 17 Pulau Riung dapat ditempuh selama 2,5 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Sepanjang jalan akan melewatu hamparan savana yang indah dan bukit – bukit eksotis khas Pulau Flores.

Walaupun beberapa orang mengatakan bahwa taman laut ini sangat serupa dengan Kepulauan Komodo, tapi satu hal yang gak akan ditemukan di Kepulauan Komodo adalah suasana hening dan tenang yang dimiliki Kecamatan Riung.

Beberapa pulau yang sering disinggahi oleh para wisatawan adalah Pulau Batang Kolong, Pulau Ontole, Puau Rutong, dan Pulau Tiga. Pulau-pulau yang berada di kawasan ini dapat dijelajahi dengan menggunakan kapal yang bisa disewa dari warga sekitar.

Kawasan Taman Laut 17 Pulau Riung sendiri menyajikan keindahan bawah laut yang sangat sayang untuk dilewatkan ketika menyambangi Kabupaten Ngada karena kondisi perairan wilayah ini bisa dibilang sangat jernih dan didominasi oleh berbagai macam terumbu karang seperti jenisĀ soft coral, karang meja, dan kipas laut.

Yang gak kalah indah nya, yaitu Pulau Ontole yang merupakan bagian dari gugusan pulau di taman laut ini juga terkenal sebagai habitat dari beberapa spesies hewan dan sebagian besar adalah kelelawar yang dijumlahnya mencapai ribuan ekor yang biasa bertengger di dahan-dahan pohon bakau di pesisir pulau.

Foto by Youtube

Indah kan? Yuk langsung keĀ Taman Laut 17 Pulau Riung sebelum ramai oleh wisatanwan.

Referensi artikel dan foto by Indonesia Kaya
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

1 thought on “Melihat Keindahan Lain Dari Pulau Flores Di Taman Laut 17 Pulau Riung”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *