GunungLiputan Trip

Gunung Bongkok Yang Indah Part 5 Backpacker Jakarta

Halllooo traveler lovers!

Siapa bilang kalau mau menikmati indahnya puncak gunung itu harus naik beribu-ribu mdpl terlebih dahulu?! Buat kamu yang masih mikir kaya gitu pasti belum ketemu Gunung Bongkok. Kira-kira kenapa ya namanya Gunung Bongkok? Mungkin disana asal mula orang bongkok, halahh ngaco. Abaikan.

Gunung Bongkok ini terletak di desa Cikandang, kabupaten Purwakarta. Gunung yang memiliki ketinggian 975 mdpl ini memiliki jalur pendakian yang sangat terjal. Tapi setelah sampai puncaknya semua jerih payah terbayarkan oleh keindahan yang disajikan dari atas puncak Gunung Bongkok.

Karena keindahan itulah komunitas Backpacker Jakarta mengadakan trip kelima kalinya ke Gunung Bongkok. Bisa dibayangin ya guys seindah apa Gunung Bongkok sehingga membuat komunitas Backpacker Jakarta balik lagi sampai 5 kali. Pasti indah banget! Trip kali ini dilaksanakan pada tanggal 12-13 November 2016 yang diikuti oleh 30 orang termasuk 2 CP yang hits and kece badayy yaitu Cahyadi dan Deti. Biaya sharecostnya sebesar Rp 90.000/orang. Murah banget kaaaan. Udah murah, ngeliat pemandangan indah terus dapet gebetan. #Uhuk :D

new-image1

CP Cahyadi @cahyadiarf

new-image3

CP Deti @detodet17

Perjalanan menuju Purwakarta ditempuh via kereta api, anti macet dan lebih efisien. Meponya pukul 14.30 WIB di Stasiun Kota Tua. Karena belum kenal satu sama lain awal pertemuan tentu saja kita berkenalan terlebih dahulu sambil menunggu waktu keberangkatan, awalnya si pada jaim tapi habis itu pecah modus eaaa! Harga tiket kereta menuju Purwakarta sebesar Rp. 6.000, tiket bisa dibeli on the spot sehingga tidak perlu booking dan menggunakan KTP. 1 orang bisa beli maksimal 4 tiket. Walaupun kelas ekonomi keretanya bersih dan ber AC.

Ok gaes, pasti penasarankan gimana perjalanan semua peserta Gunung Bongkok part 5  ? yuk simak!

Purwakarta
Seperti biasa, apabila kalian mampir ke Purwakarta makan kalian akan menemukan sebuah festival yang diadakan setiap sabtu yaitu malam minggu. Nah, sebelum lanjut ke Basecamp Gunung Bongkok, semua peserta tidak lupa untuk melihat festival tersebut secara live. Oh iya di festival tersebut juga terdapat panggung disekitar area stasiun, disana semua peserta bisa melihat alat musik tradisional yang dimainkan diiringi tarian tradisional dan ada bandnya juga loh. Selain itu tidak lengkap rasanya jika ke Purwakarta tapi tidak wisata kuliner. Kemarin semua peserta mencoba makanan khas Purwakarta yaitu sate marangi yang disajikan dengan pilihan nasi atau uli, hmmmm…mantappp. Selain itu juga mencicipi jajanan dari berbagai daerah lainnya.

new-image10

Gunung Bongkok
Setelah puas berwisata kuliner pukul 22.00 WIB, semua peserta berangkat menuju Gunung Bongkok dengan mobil yang sudah disewa sebelumnya. Setelah tiba disana semua peserta wajib membayar simaksi dan langsung sewa saung. Usai melewati perjalanan yang menyenangkan dan panjang semua pun beristirahat dan tidur agar tenaga kembali full untuk persiapan pendakian besok.

new-image8

Pendakian
Jadwal pendakian sebelumnya ditentukan pukul 03.00 WIB, karena kondisi pagi itu gerimis pendakian pun ditunda hingga pukul 04.00 WIB. Setelah gerimis reda, semua pesertapun mulai melakukan pendakian, jalur yang licin akibat hujan di pagi hari tadi membuat pendakian terasa lambat bahkan ada beberapa teman-teman kita sempat terpeleset. Tapi, bukan berarti semangat peserta patah, justru semangat untuk sampai kepuncak pun semakin besar!

new-image5

Dengan menerapkan slogan andalan BPJ susah senang dirasakan sama sama ini, semua peserta saling bantu dan back up. Duhh bahagia nya :D Jalur licin dan terjal yang harus dilalui disulap menjadi sebuah perjalanan seru penuh canda tawa dan romantisme. Kekompakan adalah modal berhasilnya sebuah perjalanan. Perjalanan dan kekompakan kami terjalin menjadi satu kelompok untuk mencapai satu tujuan bersama yaitu indahnya puncak Gunung Bongkok dan indahnya dia untuk hati yang sendiri #masihcurhat!

Puncak
Gunung Bongkok memiliki 2 puncak. Pukul 06.00 WIB semua peserta tiba di puncak datar, sejauh mata memandang, disana semua bisa melihat dengan jelas Gunung Parang yang berdiri gagah di depan mata, disana juga semua peserta bisa melihat Gunung Lembu dan danau dari bendungan Jati Luhur. Tanpa menghabskan banyak waktu, pukul 08.00 WIB semua bergegas ke puncak yang kedua yaitu puncak batu tumpuk dan tanpa terasa pukul 08.30 WIB semua sampai di puncak batu tumpuk. Puncak ini berisi tumpukan batu sesuai dengan namanya, tempat disini sangat indah, awan terlihat sangat dekat seolah-olah bisa disentuh. Dan seperti biasa tradisi selfie pun dimulai dan beristirahat sejenak, merenungi dan bersyukur kepada sang Pencipta untuk keindahan yang masih boleh dirasakan.

new-image9

new-image6

new-image4

new-image2

new-image3

Turun
Setelah puas melihat semua keindahan itu pukul 09.15 WIB semua peserta turun dan sampai di pos pendakian Gunung Bongkok pukul 10.30 WIB. Pukul 12.00 WIB semua prepare menuju Purwakarta dengan menggunakan truk pasir kembali.

Base Camp
Sesampai di Purwakarta semua peserta menuju basecamp tempat dimana semua bisa beristirahat, makan siang, dan bersih-bersih. Basecamp ini adalah sebuah warung yang tidak jauh dari stasiun Purwakarta dan tempat ini sering disinggahi teman-teman BPJ saat melakukan trip di kawasan Purwakarta. Disana, semua peserta disuguhkan menu makanan rumahan dengan harga yang terjangkau seperti :

1. Nasi putih
2. Sayur asem
3. Teri kacang
4. Ikan asin
5. Tempe dan tahu
6. Aneka lalapan khas sunda
7. Sambal
8. Krupuk

Hmmmm…. Lidah pun bergoyang tak henti-hentinya menikmati makanan tersebut sebagai pelengkap kebahagiaan eaaaaa.

Setelah selesai istirahat, makan siang, ngobrol-ngobrol, cipika cipiki (#eh, yang ini nggak termasuk) semua peserta berangkat ke stasiun Purwakarta pukul 15.30 WIB, karena jadwal keberangkatan kereta jam 15.50 WIB dan tiba di stasiun Jakarta Kota jam18.20 WIB.

So, perjalanan yang bisa ditangkap hari ini adalah sebuah puncak gunung yang jadi tujuanmu mendaki membutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang tidak sedikit. Setiap orang yang mendaki pasti merasakan hal ini. Tak ada pesawat atau kendaraan yang memudahkan perjalanan sampai ke Puncak. Maka dari itu, setiap perjalanan kekompakan, saling backup dan support sangat dibutuhkan! so, segala yang berat akan terasa lebih ringan kalau kalian memiliki teman seperjalanan yang menyenangkan seperti perjalanan kali ini yang membawa rasa bahagia yang tak ternilai harganya.

new-image2

Created by : Budi

Dokumentasi Video Liputan Gunung Bongkok Part 5 :

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *