City Tour & Landmark

Gedung Pingkan Matindas, Pusat Kesenian Budaya di Manado

Main ke Manado? Jangan lupa untuk mampir ke Gedung Pingkan dan Matindas, khusus nya bagi pecinta sejarah dan museum!

Saat pertama kali sampai ditempat ini, kalian akan disambut dengan sepasang patung menggunakan baju adat khas Minahasa yang  berdiri berhadapan membentuk gerakan tarian. Di belakangnya terdapat gedung dengan rupa rumah adat dan dua tangga yang berada di sisi kanan dan kirinya.

Dengan memiliki luas mencapai sekitar 3 hektar, Gedung Pingkan Matindas difungsikan sebagai pusat seni dan kebudayaan di Sulawesi Utara.

Gedung Pingkan Matindas dibangun oleh Pemerintah Kota Manado untuk menunjang kegiatan seni yang berkembang di kota tepi laut. Aneka bentuk kesenian seperti teater, tarian, dan pameran budaya dipusatkan di gedung yang pernah terendam banjir setinggi 2 meter ini pada tahun 2014. Namun, secara perlahan gedung yang sangat aktif pada sekitar tahun 1980 ini dibersihkan dan mulai direnovasi untuk kemajuan kesenian dan kebudayaan Sulawesi Utara.

Nama Pingkan Matindas sendiri diambil dari dua tokoh cerita rakyat Minahasa yang sangat populer yaitu Pingkan dan Matindas. Keduanya bahkan dibuatkan patung yang menjadi simbol dari Gedung Kesenian Pingkan Matindas.

Gedung Pingkan Matindas berada di Jalan Ahmad Yani, Dendengan Dalam Manado, Sulawesi Utara dengan menyerupai rumah adat Minahasa.

Jangan lupa untuk mampir ya gaes!

Ref dan Dok by IndonesiaKaya
Tags
Show More

febeshinta

Hi, i am Febe Shinta, the editor in chief of backpackerjakarta.com and also the owner of febeshinta.com. For anyone who want to say “Hi” about thing related to both of these websites, please send me an email for more information or bussiness inquiry.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *