BlogPulau

Eksotisme Laut Rubiah, Aceh

Aceh adalah sebuah provinsi di Indonesia, yang terletak di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Potensi wisata di Aceh sungguh patut dibanggakan, banyak Laut yang belum terjamah manusia, salah satunya adalah Pulau Rubiah. Pulau Rubiah berada di ujung barat Pulau Sumatera, menawarkan pesona keindahan bawah lautnya. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 26 Hektar. Karena pesona kekayaan bawah lautnya tersebut Taman Laut Rubiah atau Sea Garden of Rubiah dijuluki sebagai surganya para penyelam.

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Ada beberapa cara untuk menikmati keindahan pulau sabang, ada beberapa penawaran jika anda belum menyewa kendaraan maka anda diharuskan naik angkutan resmi dari Organda yaitu mobil L-300. Bisa di antar sampai kota Sabang dengan tarif Rp. 15.000 – Rp. 20.000 atau dengan harga nego untuk di antarkan sampai ke penginapan. Kisaran tarif per orang dari pelabuhan Balohan sampai pantai Sumur Tiga Rp. 25.000 – Rp. 30.000, Pelabuhan Balohan sampai pantai Gapang Rp.40.000 – RP. 45.000, Pelabuhan Balohan sampai Iboih Rp. 50.000. Menuju Pulau Rubiah, anda harus menyewa sebuah perahu dengan biaya Rp 150.000 untuk beberapa jam. Jarak antara Pantai Iboih-Pulau Rubiah hanya sekitar 6 – 8 menit. Pulau ini mulai beraktivitas dari jam 7 pagi hingga jam 6 sore saja. Karena mayoritas orang-orang di Pulau Rubiah bertempat tinggal di Iboih atau Sabang.

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Pulau Rubiah dengan taman lautnya menawarkan pesona keindahan alam bawah laut yang dapat memukau bagi siapa saja yang mengunjunginya. Kamu akan menemui berbagai macam spesies ikan tropis seperti angel fish, gigantic clams, school of parrot fish, lion fish dan sebagainya. Terdapat juga berbagai jenis terumbu karang. Untuk bisa menikmati keindahan alamnya, Kamu tidak harus memiliki lisensi menyelam. Karena di pulau ini, terdapat banyak spot penyelaman yang aman digunakan untuk aktivitas menyelam bagi pemula atau penyelam yang belum memiliki lisensi.

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Belum afdol jika ber-snorkeling dan diving tanpa jepretan kamera. Fitur topografi di Pulau Rubiah ini harus diabadikan sebanyak mungkin. Hiasan dinding karang, gorgonia (karang kipas), leaf coral(karang daun) dan bangkai mobil akan jadi background menarik untuk berfoto.

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Biaya sewa kamera underwater Rp 150.000 ditambah  Rp. 100.000 jika menggunakan jasa juru foto. Hasilnya tidak perlu ragu,  mereka akan menjadi juru foto yang baik bagi anda. Mereka juga akan menunjukkan spot terbaik, seperti tempat karang nemo, tempat yang banyak ikannya dan rangka sepeda motor bawah air.

 

Foto : google.com
Foto : google.com

 

Satu lagi yang tidak boleh kamu lewatkan. Setelah lelah snorkling dan diving, cobalah makan sate oktopus di salah satu warung makan di pinggir pantai.  Soal rasanya yang nikmat, kamu harus  mencicipinya sendiri untuk membuktikan kelezatannya.

 

Tags

Hanindi Fajrina Tri Hardi

Pemburu fajar, perindu senja, dan penikmat kesunyian yang terkadang menulis dan membidik karena hobi.

Related Articles