Danau & Sungai

Danau Mas Harun Bastari, Bengkulu

Jika kalian datang ke Kota Bengkulu, rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi tempat yang satu ini. Danau Mas Harun Bastari ini adalah sebuah danau yang indah dan dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau untuk lokasinya, danau ini berada di perbatasan antara kota Curup dan kota Lubuk Linggau, tepatnya berada di Kecamatan selupung Rejang, kabupaten Rejang Lebong.

Kalian akan menempuh jarak kurang lebih 95KM kearah barat jika dari pusat kota bengkulu dan lokasinya sendiri tidak sulit untuk ditemukan, karena letaknya yang berada tepat di pinggir jalan lintas Curup-Lubuk Linggau dari  jalan raya pun kalian sudah bisa melihat danau ini, jadi kalian jangan takut nyasar ya.

Foto by IndonesiaTourism

Ada satu keunikan yang ada di danau ini,yaitu adanya sebuah pulau yang berbentuk huruf C. Warga sekitar mengatakan bahwa huruf C tersebut melambangkan nama kota Curup. Oh iya, danau yang memiliki luas 3.600 Ha ini juga ada wahana permainan lain seperti sepeda air, flying fox dan juga berkeliling danau dengan perahu.

Foto by pinterest

Terakhir, disekitar Danau Mas Harun Bastari ini terdapat Kafe-kafe sederhana dibangun di sekitar danau ini sehingga kalian bisa betah berlama-lama menikmati danau. Ada teh dan kopi, serta beragam makanan yang cocok dinikmati untuk melawan hawa dingin. Dan tidak lengkap rasanya kalau kalian udah datang kesini tapi tidak membawa oleh-oleh dan disana juga kalian dapat menjumpai banyak pedangan yang mendirikan lapak di sekitar danau yang menawarkan beraneka cindramata yang menarik, seperti pakaian dan makanan khas.

Nah, yang wajib kalian beli adalah batik kaganga yang merupakan batik corak khas Rejang. Selain bagus, batik ini terinspirasi dari kerajinan kain batik besurek yang merupakan kain batik khas Bengkulu. Motif batik Kaganga diinspirasi dari bentuk huruf kaganga yang di kenal sebagai aksara rejang. Motif ini kemudian dimodifikasi dengan memadu motif bunga Rafflesia arnoldi yang habitat alaminya banyak di jumpai di tanah rejang.

Referensi by http://www.telusurindonesia.com/
Tags
Show More

febeshinta

Hi, i am Febe Shinta, the editor in chief of backpackerjakarta.com and also the owner of febeshinta.com. For anyone who want to say “Hi” about thing related to both of these websites, please send me an email for more information or bussiness inquiry.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *