Air Terjun

Curug Ciherang, Primadona Baru Wisata Alam Bogor

Curug atau air terjun merupakan fenomena alam yang mudah dijumpai di wilayah Bogor. Karena keanekaragaman tempat wisata itulah Bogor menjadi lokasi favorit bagi banyak orang untuk mengunjungi, melepaskan penat dan lelah dari kebosanan rutinitas harian. Curug Ciherang menjadi salah satu tempat wisata yang layak dikunjungi karena eksotismenya, keindahan air terjun, dan kesejukan udara khas Bogor.

Ini merupakan kali ketiga saya berkunjung ke Curug Ciherang. Terakhir saya kesana belum ada yang namanya rumah pohon. Untuk alasan inilah saya mengagendakan jadwal kosong saya tuk menghilangkan rasa penasaran saya terhadap rumah pohon.

Pelangi dibawah Curug

Secara administratif, Ciherang adalah nama sebuah Curug di Kabupaten Bogor, tepatnya berada di Desa Warga Jaya Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor. Daerah ini juga dikenal dengan Puncak II Bogor. Untuk menuju ke Curug Ciherang, ada beberapa alternatif jalur. Dari arah Jakarta, kita bisa melalui jalur Jl Raya Bogor-Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Sukamakmur. Dari Sukamakmur sudah banyak penunjuk jalan menuju Curug Ciherang.

Rumah Pohon yang lagi hits di sosmed
Rumah Pohon yang lagi hits di sosmed

Setelah hampir 2 jam, akhirnya saya tiba di pintu loket. Tarif tiket masuk Curug sebesar Rp. 20,000,- sdh termasuk parkir dan asuransi. Kesan pertama masuk ke lokasi wisata ini kita akan disambut dengan beberapa bungalow atau villa dengan berbagai model mengisi sisi area jalan menuju Curug Ciherang. . Sesampainya diparkiran, masih butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai lokasi curug nya.

Memandang takjub ciptaan Tuhan
Memandang takjub ciptaan Tuhan

Sebelum mencapai curug, kita disambut dengan icon di Curug Ciherang yaitu rumah pohonnya. Tidak lupa saya telebih dahulu mengabadikan keberadaan saya di rumah pohon yang akhir-akhir ini lagi trending di sosial media. Cukup indah memang, namun kita perlu mengeluarkan uang lagi jika ingin menikmati keindahan sekitar Curug. Dari rumah pohon disini sebenarnya kita sudah bisa melihat Curug Ciherang , tapi lebih keren lagi kalo kita samperin terus mandi, pasti seger banget deh.

Debit air yang deras meski musim kemarau
Debit air yang deras meski musim kemarau

Sampainya di curug, pesona Curug Ciherang tak mengizinkan saya untuk beristirahat walau sejenak. Seperti biasa, jika ke curug, aktifitas saya pertama kali adalah mencari sudut yang pas untuk mengabadikan keindahan curug. Puas berfoto, saya pun langsung menceburkan diri namun tidak berbasah-bashan. Hal ini karena tujuan saya memang hanya untuk menikmati keindahan rumah pohon dan curug tanpa berbasah-basahan.

Gagahnya gunung batu Jonggol dari ketinggian
Gagahnya gunung batu Jonggol dari ketinggian

Kawasan curug ini tidak hanya menyajikan tiga undakan luncuran air dengan ketinggian seluruhnya sekitar 30 m, debit airnya yang deras meski musim kemarau, dan menyegarkan, tetapi juga pemandangan sekitarnya yang membuat kita asyik berlama-lama. Bahkan sebelum masuk ke loket tiket, kita disajikan pemandangan yang sangat indah. Dari ketinggian, kita bisa melihat hamparan bukit dan gagahnya gunung batu Jonggol. Keunggulan lain dari kawasan ini adalah Suasana disini masih asri, alami, dan sejuk cocok sekali bagi yang suka berfoto karena banyak view atau spot yang menarik, wisata ini juga tepat untuk yang ingin hiking dengan suasana perbukitan. Fasilitas yang memadai ditambah suasana perbukitan membuat obyek wisata Curug Ciherang patut dimasukkan dalam agenda wisata anda.

Tertarik menjelajah kawasan Curug Ciherang?

 

 

Tags

Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan....

Related Articles

1 thought on “Curug Ciherang, Primadona Baru Wisata Alam Bogor”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *