Air Terjun

Curug Jejeg Tegal

Tegal merupakan kota di Jawa Tengah yang di juluki kota Bahari, tetapi siapa sangka tegal mempunyai Beberapa Curug Yang menawan. Hampir semua curug di kota ini masih alami dan belum di jadikan obyek wisata, jadi masih gratis paling hanya bayar uang parkir itu juga seiklasnya.  Salah satu curug harus traveller kunjungi saat di kota ini adalah Curug Jejeg. Curug ini terletak di desa Jejeg kecamatan Bumijawa. Untuk mencapai curug tersebut dapat menggunakan kendaraan pribadi ( motor atau mobil ) atau menggunakan angkutan Umum dengan rute Tegal – slawi – Yomani – Bojong – Tuwel – Bumijawa – Desa Muncanglarang, desa ini menjadi Patokan jika akan menikmati keindahan Curug Jejeg.

Curug Jejeg tegal

Setelah melewati desa tersebut kami akan bertemu jembatan sebelum memasuk Desa Jejeg. Disinilah traveller memulai penjelajahan. Treking di lanjutkan dengan menapaki jalan setapak sekitar hampir 20 menit, pemandangan perbukitan dengan pesona Gunung slamet dapat traveler nikamti saat melakukan trekking. Traveler harus menyusuri sungai dengan bebatuan besar dan harus ekstra hati-hati karena batu yang di lewati teramat licin dan jarang di lewati karena masih banyak sarang laba-laba yang menghalang perjalanan. Ditengah perjalanan  traveler akan menjumpai sebuah batu besar di belah oleh aliran air yang cukup deras, ini cukup menjadi penghibur kelelahan dan tentunya menjadi penyemangat untuk mencapai Curug jejeg.

Curug Jejeg tegal 5

Perjalanan di lanjutkan dengan melewati bebatuan dengan melawan derasnya arus. Bebatuan besar dan berlumut menjadi suguhan di penjelajahan. Traveler harus pandai-pandai memilih jalan, salah pilih  dapat terpeleset karena licinya batu tersebut, Namun di sinilah tantangan menggapai Curug Jejeg. Terkadang traveleler harus merangkak, melompat dari batu ke batu perjalanan ini sangat luar biasa.

Curug Jejeg tegal 3

Tak hanya Satu curug yang dapat traveler nikmati, dua curug dapat sekaligus akan di jumpai di sini, curug yang pertama tak terlalu tinggi mungkin tak  lebih dari 10 meter, tetapi cukup menawan dan sensasi percikan airnya cukup menyegarkan. Setelah puas di curug tersebut traveler dapat mendekati Curug yang ke dua. Untuk dapat mendekati curug inpun  harus ekstar hati hati, berenang menjadi pilihan tetapi jangan salah pilih jika salah menginjak ada lumpur siap membaawa kita ke tempat yang dalam. kami tercengan setelah memandang curug indah ini.

Curug dengan ketinggian sekitar 30 meter ini sangat menarik dan membuat rasa penasaranku terobati. Curug Jejeg, curug berundak yang cukup menawan sayangnya tak dapat mendekati curug tersebut lebih dekat, bebatuan besar licin akan menghalangi. Curug ini diapit bongkahan batu besar, muara curug ini membentuk kolam yang sangat merangsang untuk di nikmati. Traveler bisa merasakan meloncat ke muara dengan kedalaman hampir 3 meter ini.  suasana alam yang tenang mampu membuat betah para travellet duduk di tepian curug tersebut.

Curug Jejeg tegal 2

beberapa hal yang harus di perhatikan saat mengunjungi Curug Jejeg agar Curug ini tetap Lestari dan keindahanya tetap terjaga.

  • Tetap jaga kebersihan jangan pernah buang sampah apapun di sungai ini
  • Menikmati keindahan curug ini  masih Free , kita harus tetap menjaga kelestarianya dan keindahanya dengan tidak berprilaku vandal
  • Jika menginginkaan perjalanan yang ekstrim susuri aliran sungai tetapi jika tidak bisa melewati jalan setapak yang berada di sebelah kanan sungai. tentunya sensasinya jauh berbeda
  • Bawa perbekalan karena tidak ada yang jualan di sini
  • Pakailah sendal gunung atau sepatu gunung. jalanan sangat licin.

semoga bermanfaat buat rekan traveller.

 

Sumber :jejak tak berujung

Jalantraveller Blogspot Com.

http://jalantraveller.blogspot.co.id/2016/02/curug-jejeg-bumijawa-curug.html

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *