Air TerjunUncategorized

Curug Ciastana, Curug Hits di Cianjur Selatan, Jawa Barat

Cianjur merupakan salah satu Surga bagi para penikmat Curug. Banyak sekali curug-curug keren dan beragam bentuknya yang ada di Cianjur. Bahkan tak hanya itu saja, Curug-curug di Cianjur juga memiliki ketinggian yang cukup tinggi dengan debit airnya yang besar. Mungkin Curug seperti Citambur atau ngebul sudah sering kita dengar namuan tidak dengan curug satu ini, yap Curug Ciastana, salah satu curug yang baru saja mulai dikenal oleh para traveller.

foto : hens4m

Curug Ciastana adalah salah satu air terjun yang berada di Cianjur dan memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Dinamakan Curug Ciastana adalah karena tak jauh dari Curug Ciastana ini berada terdapat sebuah pemakaman warga. Penggunaan bahasa Astana yang jika diartikan dalam bahasa sunda artinya makam. Jadi Curug Ciastana adalah curug Makam.

foto : hens4mta

Seperti yang kita ketahui jika curug di Cianjur sering kali berbeda-beda bentuknya. Pun dengan Curug Ciastana yang memiliki keunikan tersendiri seperti bentuk curug yang sedikit lebar dan mirip sebuah tirai panjang yang terbentang. Selain itu juga Curug Ciastana memiliki sebuah danau kecil yang ada dibawahnya. Keunikan lainya adalah air dari kolam tersebut juga jatuh kebawah dan kembali membentuk air terjun yang lebih pendek namun ukuranya cukup lebar.

foto : @phensopian

Lokasi Curug Ciastana ini tepat berada di Desa Bojongkasih, Kec. Kadupandak, Kab. Cianjur, Provinsi Jawa Barat. 43268. Nah buat kalian yang mau ke Curug Ciastana jalurnya hanya bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua saja. Selain karna letaknya yang sangat terpencil juga karna jalannya sangat sempit dan berbatu menanjak dan berliku-liku.

foto : @fannyhandriyana

Karena Curug Ciastana masih terbilang alami dan belum banyak diketahui maka fasilitas disini masih sangat minim dan belum dikelola dengan baik. Bahkan pengunjung harus memarkirkan kendaraanya di rumah-rumah warga. Biasanya pada moment tertentu seperti libur panjang, Curug Ciastana akan banyak dikunjungi berbagai masyrakat dari Cianjur dan luar kota. Nah saat moment seperti itu barulah banyak warga yang berjualan disepanjang jalur menuju air terjun.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata disemua daerah di Indonesia. ( Follow Instagram @emyebpj )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *