Air TerjunBlog

Curug Bubrug Bandung, Murah, Indah, Basah Dan Menyenangkan

Judul diatas mungkin agak lebay dan mungkin tidak menggambarkan isi tulisan ini. Tapi, sudahlah. Judul diatas memang saya pilih agar pembaca penasaran aja, hehehe. Oke, saya akan membawa anda ke destinasi wisata yang murah, indah, dan pasti menyenangkan. Setidaknya saya sudah merasakannya.

Di hari minggu yang agak galau karena cuaca yang tak menentu, saya bersama teman saya mengunjungi kota Bandung, tapi bukan ke pusat kota ya. Kami ke suatu tempat lain, bertema alam, yang murah, membuat kami basah dan senang sekaligus bahagia yaitu Curug Bubrug.

Indah

Mengapa tempat ini murah? Untuk masuk ke tempat ini kami cuma bayar 5000 aja per orang untuk menikmati kawasan curug bubrug, curug termurah yang berada di kawasan wisata Barat Bandung. Mengapa tempat ini basah? Namanya juga curug tentu saja tempat ini mengandung air yang terjun dari atas ke bawah sesuai hukum fisika yang kita kenal “air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah”. Selain itu, hujan rintik-rintik membuat jalan menuju curug basah dan licin sehingga membuat saya yang memakai sendal gunung yang keren biar terlihat seperti anak gunung memilih untuk bertelanjang kaki agar sendal saya tidak kotor tertelan lumpur.

cab6a79c-afc5-4ff7-9e6a-fe320df412bf

Mengapa tempat ini menyenangkan? Murah adalah alasan pertama tempat ini menyenangkan. Ketersediaan uang di kantong memang berbanding lurus dengan kesenangan. Selain itu curug ini termasuk curug yang masih asri, sepi, jarang dikunjungi traveller. Mungkin hal ini dikarenakan karena curug bubrug kalah tenar dibanding curug Cimahi yang memang letaknya berdekatan.

Perjalanan menyenangkan dimulai sesaat setelah kita memarkirkan kendaraan di sisi jalan, memasuki jalan setapak, sudah langsung tersaji lipatan lava yang kemudian akan disuguhi dengan hamparan selada air yang menyerupai permadani yang mengambang. Berjalan terus kedepan, kita akan melintasi sungai dan beberapa tebing. Sedikit lelah akan terobati setelah mendengar gemercik air Dan semakin dekat, akan semakin jelas suara jatuhan air brug…brug…brug. Dan mungkin karena itulah kemudian air terjun ini dinamakan Curug Bubrug.

Curugnya cukup tinggi dan Kedalamannya mencapai 3-4 meter. Jadi, dimanapun kita berdiri kita tetep akan kecipratan air dan basah! Kalau anda berniat untuk lebih basah silakan berendam atau berenang di curug yg dingin dan segar, namun tetap hati-hati bagi anak-anak atau orang dewasa yang tak bisa berenang dan jangan lupa abadikan momen ini dengan berfoto.

wp_20160717_13_39_01_pro_li
Gerimis, membuat kami waspada menelusuri jalan setapak menuju curug

Secara administrative, Curug Bubrug berada diJalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Agak sulit menemukan jalan masuk curug ini karena ga ada plang atau tanda-tandanya. Kalo dari arah Parongprong, jalan ke curug ini ada setelah CIC dan sebelum Curug Cimahi. Ada di deket jembatan yang ada warung dan ladang selada air. Oh, sulit dijelaskan memang.

wp_20160717_13_37_14_pro_li
Sungai kecil yang mengalir menuju Curug Bubrug

Sejumlah fasilitas seperti toilet, warung yang tersedia dikawasan ini memang belum memadai. Beberapa saung kecil terpasang namun tak terpakai dan nampak tak terurus. Mungkin, karena jarang ada wisatawan yang datang ke tempat ini dan masih dalam tahap pengembangan.

Tunggu apalagi?

Persiapkan dirimu untuk menjelajahi Curug Bubrug. Tetap jaga kebersihan dan taati peraturannya ya!

Tags

Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan....

Related Articles

1 thought on “Curug Bubrug Bandung, Murah, Indah, Basah Dan Menyenangkan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *