Air Terjun

Curug Bengkawah pemalang

Beberapa Curug atau air terjun memang mempunyai daya tarik tersendiri. Salah satu curug yang menarik perhatian di daerah Pemalang adalah Curug Bengkawah. Curug ini terletak di desa Sikasur, kecamatan Belik, kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

curug bengkawah pemalang

Curug yang berjarak sekitar 35 km  dari kota Pemalang dapat di tempuh sekitar 1,5 jam dengan kendaraan roda dua dari arah Pemalang atau 1 jam dari jalur pantura.  Patokan mencapai Curug Bengkawah adalah terminal Randu Dongkal,  dilanjutkan perjalanan ke arah Cikasur dan petunjuk yang sangat jelas akan mengantarkan ke Curug Bengkawah. Disarankan menggunakan kendaraan bermotor untuk menuju ke Curug Bengkawah.

curug bengkawah pemalang 2

Perjalanan menuju Curug Bengkawah di mulai dengan menyusuri jalan setapak di
pinggiran irigasi. Jalan ini menguji nyali bagi pengendara motor karena di sebelah kanan sungai tanpa pembatas dan jalanan yang becek serta licin. Hati – hati dalam menyusuri jalan karena Anda bisa terperosok ke dalam sungai. Setelah hampir 5 menit menyusuri jalan setapak sampai ke rumah yang berada di tengah persawahan. Di sinilah di jadikan tempat parkir untuk wisatawan yang akan mengunjungi Curug Bengkawah. Tak ada retribusi masuk ke curug ini, tetapi seorang Bapak meminta uang sebesar Rp10.000,00 untuk biaya parkir dan mungkin sebagai tiket masuk.

curug bengkawah pemalang 3

setelah memarkirkan motor, perjalanan di lanjutkan dengan menyusuri pematang sawah. Padi yang menguning dan luas menjadi penghibur bagi perjalanan menuju Curug Bengkawah. Setelah berjalan sekitar 200 meter dari tempat parkir terdapat papan yang bertuliskan beberapa larangan dan peraturan yang wajib ditaati
oleh setiap pengunjung untuk menjaga kelestarian alam, yaitu:

  1. Dilarang membuang sampah di sekitar curug dan aliran sungai. Bawa kembali
    sampah yang dibawa.
  2. Dilarang mandi karena besarnya arus di muara curug.
  3. Berhati-hati menginjak batu di sekitar muara karena berlumut dan sangat licin.
  4. Dilarang berbuat mesum di sekitar curug.
  5. Dilarang corat – coret di bebatuan sekitar curug.
  6. Menikmati keindahan alam curug ini sangat murah jadi bagi pengunjung jangan kotori dan nodai keindahan Curug Bengkawah dengan perbuatan yang tidak terpuji.

Pohon beringin besar menghadang dan deburan dan keindahan air Curug Bengkawah dapat dirasakan dari balik pohon tersebut. Tiga curug besar dan deras serta satu curug kecil menjadi satu. Sungguh Indah ciptaan Tuhan. Berdasarkan informasi dari warga yang sedang memancing di sekitar curug, curug ini berketinggian hampir 50 meter dengan kedalaman muaranya sampai dengan 5 – 15 meter. Arus curug sangat deras sehingga terdapat larangan untuk berenang di curug tersebut.

curug bengkawah pemalang 4
Ada yang unik di Curug Bengkawah ini bebatuan di dinding curug berbentuk semacam balok-balok besar , tersusun secara alami dan ada beberapa batu balok tersebut yang  menggelantung seperti stalagtik di dalam goa. Empat curug deras bermuara menjadi satu menjadikan curug ini semakin menawan. Setelah puas dengan pesona Curug Bengkawah, bila pengunjung merasa lapar di bawah pohon beringin terdapat penjual makanan ringan. Di sini pengunjung bisa menikmati gorengan atau lontong sambil memandang keindahan Curug Bengkawah
sumber http://jalantraveller.blogspot.co.id/2015/12/curug-bengkawah- pemalang.html

Editor: Aemilia Dessy S

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *