Air TerjunBlog

Air Terjun Jeruk Manis Gunung Rinjani

Air terjun merupakan salah satu obyek wisata yang digemari oleh para wisatawan. Gemericik dan deru air yang jatuh dari ketinggian memberikan fantasi tersendiri bagi setiap orang. Selain Pantai Tangsi dan Pantai Pink, Kabupaten Lombok Timur juga memiliki banyak obyek wisata yang cukup terkenal dan memiliki keindahan yang luar biasa, salah satu obyek wisata yang mulai ramai dikunjungi adalah Air tejun jeruk manis.

Air tejun jeruk manis atau dikenal dengan nama Aiq Temer Waterfall (biasa dikenal dengan Air Terjun Jukut, red) terletak di desa kembang kuning kecamatan Sikur atau berada di Selatan sekitar kaki gunung Rinjani.

jeruk-manis1[1]

Obyek wisata yang berada di ketinggian 600-1000 mdpl ini dikelilingi oleh tumbuhan hijau yang lebat, dan dihuni oleh beberapa fauna, diantaranya Monyet Hitam dan Elang. Air terjun yang merupakan titik awal pendakian ke puncak Rinjani ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan memiliki dua buah sungai yang cukup menarik untuk kita jelajahi.

Menurut cerita turun temurun, air terjun ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, terutama untuk menyuburkan rambut. Untuk proses pengobatan dilakukan secara tradisional yang dipimpin oleh seorang pemangku.

air-terjun-jeruk-manis21[1]

Karena berada dikawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani, di sekitar obyek wisata ini tidak dibangun fasilitas pendukung, dan untuk menuju ke air terjun, kita harus menempuh perjalanan yang jaraknya mencapai 1,5 km dengan berjalan kaki dari pintu gerbang. Selama perjalanan, kita di suguhi dengan berbagai jenis tanaman dan tumbuhan yang sudah dipasang nama sekaligus nama latinnya.

Tak hanya itu, kita juga bisa menyaksikan kehidupan liar dari berbagai macam fauna. Selama perjalanan, kita akan melewati jalan setapak yang disusun dengan batu dan tidak terlalu curam.

air-terjun-jeruk-manis6[1]

Jika lelah, kita pun bisa beristirahat sejenak di gazebo (saung) yang bisa kita temui selama perjalanan. Kurang lebih ada tiga buah gazebo yang sudah disipakan oleh pengelola. Di gazebo terakhir, sambil beristirahat kita bisa menikmati pemandangan hutan lindung yang masih asri. Ketika mendengar deru air jatuh, maka pertanda sebentar lagi kita akan sampai ke air terjun. Kelelahan pun akan hilang dan tergantikan oleh segarnya air yang dingin dan bening.

Untuk menuju ke bawah atau lokasi air terjun, kita harus melewati batu-batu yang cukup besar dengan aliran sungai dibawahnya. Kita pun mesti berhati-hati agar tidak jatuh terpeleset. Air terjun ini mengalir dari lembah yang sempit, mengalir ke sungai yang kecil yang penuh dengan bebatuan. Obyek wisata ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Perpaduan hijaunya pemandangan dengan suasana air terjun yang dingin dan jernih membuat suasana sekitarnya terasa begitu memukau dan layak dijuluki sebagai tepat wisata yang manis.

03-jeruk-manis[1]

Air Terjun Jeruk Manis terletak kurang lebih 50 km dari kota Mataram. Rute yang bisa kita lewati adalah Mataram-Cakranegara-Narmada-Sedau-Mantang-Kopang-Terara-Sikur-Masbagik-Desa Kembang Kuning. Bagi anda yang suka bertualang, tempat ini tempat yang perlu diperhitungkan menjadi salah satu destinasi and. So, jika anda punya rencana ke Lombok, jangan lupa singgah di air terjun ini ya.

 

Sumber : Diolah dari berbagai sumber

 

 

Tags

Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan....

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *