Pantai

Cara Unik Anak-anak Pantai Tanjung Aan Mendapatkan Uang

Foto: instagram @freecharlie_17

Wisata Lombok memang identik dengan wisata pantainya. Salah satu pantai yang menjadi destinasi wisata saat berkunjung ke Lombok yaitu Pantai Tanjung Aan. Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia ini memiliki tekstur pasir yang unik, yaitu seperti merica. Pantai yang satu ini banyak dikunjungi sebab menjadi tempatnya para pecinta snorkling dan slancar. Belum lagi para photographer yang jatuh cinta akan panorama alamnya yang indah.

Selain keindahan panorama alamnya yang menjadi surga tersendiri bagi pecinta photography, pantai ini pun masih memiliki sisi keunikannya tersendiri. Masih dalam bidang potret-memotret pastinya.

Saat mengunjungi Pantai tanjung Aan ini, bagi yang belum terbiasa dengan suasananya pasti akan merasa tidak nyaman atas gangguan anak-anak kecil hingga pemuda di tempat ini yang banyak menawarkan dagangan hingga jasa. Jangan kaget jika didekati oleh mereka dan menawarkan diri untuk menjadi tukang foto. Bukan layaknya tukang foto di tempat wisata yang bermodal kamera canggih, tetapi anak-anak ini hanya bermodalkan sedikit keterampilan. Anak-anak ini akan memotret dengan kamera ponsel pribadimu sendiri.

Foto: www.kompasiana.com/ariyani_12

Untuk yang tidak terbiasa pasti tidak akan percaya begitu saja. Memang pada mulanya banyak wisatawan yang menghiraukan tawaran anak-anak tersebut, tetapi ketika anak-anak tersebut selalu mengikuti dan mulai komentar perihal gaya berfoto yang pas, perlahan wisatawan mulai memberikan ponselnya dan membiarkan anak-anak itu menjadi tukang foto dan pengarah gaya. Benar saja, hasil arahan gaya dan foto anak-anak tersebut bisa begitu pas dan indah sesuai dengan kondisi lingkungan pantai Tanjung Aan ini.

Menurut sumber setempat, dulunya anak-anak ini hanya menjual souvenir dengan meminta belas kasih pada turis yang datang. Kemudian ada seorang turis asing yang mengajari mereka memotret dan trik foto rekayasa, sebab untuk mendapatkan uang, haruslah memiliki keterampilan yang bermanfaat, bukan sekadar bergantung pada belas kasih. Sejak saat itu, anak-anak sekitar memperhatikan turis-turis berfoto dan juga belajar dari para pemandu perjalanan.

Semua kegiatan ini berjalan dengan sendirinya tanpa ada pihak yang mengorganisir. Cara unik anak-anak di Pantai Tanjung Aan untuk mendapatkan uang ini haruslah diapresiasi dan didukung. Tapi tetap ya, sebagai wisatawan, kita haruslah selalu bersikap waspada dan jangan mudah percaya. Dengan mulai berkembangnya informasi ini, bukan tidak mungkin akan ada pihak-pihak nakal yang memanfaatkan keadaan.

Inilah cara unik anak-anak dan pemuda sekitar untuk mendapatkan uang dari para wisatawan. Uniknya, anak-anak ini belajar otodidak namun bisa sangat ahli mengoperasikan fitur-fitur yang ada di kamera ponsel serta mampu mengarahkan gaya dengan pas. Pastinya wisatawan nggak akan menyesal memberi mereka sedikit uang atas jasanya itu. Mau coba?

Foto: www.kompasiana.com/ariyani_12
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *