Air TerjunUncategorized

Air Terjun Proklamator: Surga yang Tersembunyi

Air Terjun Proklamator berada di kawasan pendakian Gunung Tandikek via Mega Mendung, di bawah kaki Gunung Singgalang. Tepatnya di Jorong Aia Mancua, Kanagarian Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Dokumentasi: @ghaardi

Diberi nama Proklamator karena pada tahun 2020, air terjun ini ditemukan pertama kali oleh Mahasiswa Pecinta Alam Proklamator, Universitas Bung Hatta, saat membuka jalur pendakian di kawasan tersebut.

Akses masuknya terletak setelah Air Terjun Lembah Anai, jika dari arah Padang menuju Bukittinggi. Di sebelah kiri jalan, akan tampak plang yang menandai bahwa itu adalah lokasi titik awal menuju air terjun ini. Pengunjung diwajibkan mendaftarkan diri di posko dan membayar simaksi sebesar Rp 10.000,00, serta parkir sebesar Rp 5.000,00.

Dari posko pendaftaran, pengunjung akan berjalan kaki menuju lokasi dengan menghabiskan waktu lebih kurang 40 menit. Telah disediakan juga pagar pembatas di beberapa titik terjal. Melewati hutan dengan vegetasi pepohonan rindang di tengah perjalanan. Silakan membawa perlengkapan tempurnya untuk mengantisipasi serangan pacet. Sangat dianjurkan juga untuk berkunjung di hari biasa (weekday), agar menghindari keramaian.

Keindahan yang ditawarkan, juga tidak kalah dengan wisata air terjun lainnya. Menyajikan pemandangan air terjun dari berbagai sisi. Air Terjun Proklamator akan sangat menyejukkan mata saat melihatnya; dengan warna air yang hijau kebiruan. Pengunjung bahkan bisa berenang di bawah air terjun ini untuk menghilangkan penat.

Air Terjun Proklamator

Di sekitar air terjun, terdapat bebatuan alami dalam ukuran besar yang biasa dipakai untuk duduk dan bersantai. Tumbuhan lumut juga mendominasi lokasi ini, sehingga menambah kesan asri. Bonus perjalanan berupa air terjun lain yang tidak jauh dari lokasi dan pemandangan indah yang bisa dijadikan spot untuk berfoto ria.

Air Terjun Proklamator

 

 

Tags
Show More

Wina Zulfani

Masalah terbesar kita cuma satu: mati tidak masuk Surga

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close