Klub

#BlogWorkShop Optimalisasi Blog WordPress.

JAKARTA, 14 APRIL 2019 – Di tahun 2018 yang lalu, KUBBU BPJ (Klub Blogger dan Buku Backpacker Jakarta) mengadakan pelatihan blog untuk pemula. Antusiasme para peserta pelatihan begitu besar. Usai satu tahun berlalu, banyak pertanyaan yang masuk ke dalam grup KUBBU dan membutuhkan penjelasan lebih mendalam mengenai blog, terutama platform WordPress.

Maka, pada pertengahan bulan April 2019, KUBBU mengadakan acara Workshop blog khusus untuk WordPress dengan CP Dayu Anggoro & Inez Dwijayanti. Workshop blog kali ini diadakan guna menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar platform WordPress dan plugin apa saja yang diperlukan untuk mengoptimalisasi website.

Baca Juga : Blogger Vaganza, Anniversary BPJ I5timewa

#BlogWorkShop Optimalisasi Blog WordPress 14 April 2019

Blogworkshop, wordpress, plugin, maintenance blog, seminar, workshop,

Hari Minggu, 14 April 2019 diadakanlah #Blogworkshop Optimalisasi Blog WordPress di Perpustakaan Cikini Jakarta Pusat. #Blogworkshop ini terselenggara karena didukung ole Dinas Perpusip (Perpustakaan dan Kearsipan). KUBBU sebagai komunitas yang memiliki tagline yaitu membaca, menulis, dan menginspirasi. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini semakin banyak teman-teman yang bisa menulis dan menginspirasi orang lain melalui tulisan yang dimuat di blognya.

Sebagai pembuka kegiatan, para peserta dan panitia yang hadir berdoa agar semua acara berjalan lancar. Lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya agar membangkitkan jiwa nasionalisme untuk para panitia, peserta, dan juga narasumber. Menyanyikan lagu Indonesia Raya adalah rangkaian wajib setiap KUBBU mengadakan acara seminar.

Tamu undangan, admin kubbu, dan juga narasumber.

Di awal acara, ada sambutan dari pejabat Perpustakaan yang hadir di dalam #Blogworkshop ini yaitu Bapak Drs. Sunyamto, M.Si sebagai Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca. Selain itu, hadir juga Kepala Perpustakaan HB Yasin yaitu Bapak Deki. Pihak Dinas Perpusip mensosialisasikan hashtag sosial media #bacajakarta.

Dinas Perpusip mengharapkan program ini dapat menumbuhkan generasi cerdas dan sadar akan literasi. Bapak Drs. Sunyamto mengenalkan i-jak di acara #Blogworkshop kemarin. i-jak merupakan aplikasi perpustakaan online yang dapat didownload di android dan iOS. Selain itu i-jak bisa dibuka di https://ijakarta.id/

Baca Juga : Perayaan HUT Ke-3 Klub Blogger & Buku (Kubbu)

                    Perayaan HUT Ke-3 Klub Blogger & Buku (Kubbu)

Iman Ridhwan Syah, Sebagai Narasumber Acara.

Narasumber Iman Ridhwan Syah

Pembicara yang diundang dalam acara ini adalah Iman Ridhwan Syah. Iman adalah seorang Full Time Blogger, tim pengurus Komunitas Blogger Jakarta, dan juga pendiri Bacalagers Media. Pengalamannya sebagai Full Time blogger menjadi alasan KUBBU mengundang beliau untuk sharing dan membagikan ilmunya di #Blogworkshop Optimalisasi Blog WordPress. Selain itu, Iman Ridhwan Syah ini sebelumnya menggunakan platform Blogspot.

Namun beberapa waktu yang lalu ia bermigrasi dari platform Blogspot ke platform WordPress. Alasannya selain karena penutupan dari Google+, menggunakan WordPress untuk website menjadi pilihan yang tepat. Karena dalam mengoptimalkan website dengan menggunakan WordPress tidak begitu kompleks dibanding menggunakan Blogspot.

Jika menggunakan Blogspot untuk mengoptimalkan suatu website setidaknya kita harus belajar dan menguasai Html. Lain halnya dengan platform WordPress, dalam mengoptimalkan website dengan platform ini kita tidak harus menguasai Html. Karena di dalam WordPress sudah tersedia plugin yang dibutuhkan bagi pengguna sesuai dengan apa yang mereka inginkan pada blog mereka.

Baca Juga : Tour BOB (Base On Book) Klub Buku & Blogger BPJ

Kelas Diskusi Klub Buku & Blogger BPJ bersama Nunik Utami

Antusiasme Peserta Saat Acara

Pertanyaan dari Kak Yunita kubbu

Antusias para peserta dalam mengikuti kegiatan #Blogworkshop Optimalisasi Blog WordPress sangat terlihat saat acara berlangsung. Terbukti dari banyaknya pertanyaan teknis untuk narasumber seputar plugin apa saja yang dibutuhkan bagi pemula yang baru saja menggunakan WordPress. Ditambah beberapa dari mereka (peserta workshop) juga baru saja migrasi dari Blogspot ke WordPress.

Materi yang diberikan kepada peserta berfokus pada penggunaan plugin dasar yang harus di-install, karena beberapa plugin yang dipasang pada WordPress sangat memengaruhi kinerja dari website pengguna. Seperti untuk menjaga keamanan website, backup data, juga untuk meng-compress gambar agar web tidak lambat saat dibuka.

Narasumber dengan sebagian peserta

Dari acara ini diharapkan para peserta dapat mengoptimalkan website mereka dengan maksimal. Lebih dari itu, selain bisa membuat tulisan yang dapat menginspirasi semua orang. Diharapkan untuk para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari penyelenggaraan #Blogworkshop Optimalisasi Blog WordPress.

Terima kasih.

Editor: Febe Shinta

Tags

Dayu Anggoro

Assalamualaikum, saya Dayu Anggoro. Saat ini masih berstatus mahasiswa kelas karyawan di Universitas Mercu Buana Jakarta. Bekerja di perusahaan swasta sebagai Network Operation Center juga mempunyai hobi membaca novel, jalan-jalan, kulineran, naik gunung, dan menulis apa saja ide yang ada di kepala. Ingin kenal lebih dekat, mari berkunjung ke sini : Web : http://abangdayu.com/ Instagram : @abangdayu Twitter : @abangdayu

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close