Editor PicksSeni & Budaya

Belajar Bahasa Daerah Saat Travelling, Kenapa Tidak?

Dalam sebuah perjalanan wisata selalu saja banyak hal yang ditemui di dalamnya, seperti orang orang baru, tempat , makanan dan tentunya bahasa daerah, khususnya di Indonesia. Indonesia merupakan Negara dengan masyarakat yang majemuk, dengan masyarakat yang tentu berbeda bahasa serta adat budayanya yang dipengaruhi oleh letak geografis serta sejarah masa lampau di banyak daerah.

foto : Sejarahsuku.blogspo
foto : Sejarahsuku

Walaupun bahasa merupakan sebuah hal yang universal untuk berkomunikasi, namun bahasa yang berbeda beda secara logat atau arti tentunya sedikit banyak membuat kita sulit berinteraksi, khususnya bagi orang awam. Seperti contoh di daerah Jawa tengah, ada beberapa daerah yang kesehariannya memakai bahasa Jawa namun dengan logat dan beberapa arti yang berbeda, tentunya menyulitkan dalam hal berkomunikasi walaupun bahasa yang digunakan adalah bahasa Jawa sendiri.

Lantas saat travelling tentunya kita akan banyak menemukan hal seperti ini , seperti menawar harga angkutan, bertanya tentang sebuah alamat atau membeli makanan disuatu daerah . Terkadang bahasa Indonesia sangat jarang digunakan khususnya di daerah yang kental dengan adat budayanya , karena mungkin bahasa kedaerahan itu lebih melekat pada masyarakat tersebut, lalu perlukah kita belajar bahasa daerah?

foto : Republika.co.id
foto : Republika.co.id

Dalam konteks sebuah perjalanan wisata mungkin belajar bahasa daerah bukan sebuah hal yang diharuskan , karena tujuan utamanya ialah berwisata, namun tidak ada salahnya kita belajar bahasa daerah agar lebih mudah mengenal sebuah daerah, lebih mudah bersoalisasi dan mungkin bisa saja kita mendapatkan kesempatan harga murah untuk akomodasi travelling karena kita berinteraksi dalam bahasa yang sama.

Belajar bahasa daerah dalam waktu yang singkat mungkin adalah hal yang sulit, apalagi ketika tujuan kita umumnya hanyalah berwisata. Belajar dengan langsung berinteraksi merupakan hal yang efektif, tak hanya menguji pengetahuan kosakata bahasa daerah atau sebelum travelling ke suatu tempat kita pelajari dan persiapkan belajar bahasa, pengenalan kosakata serta logat daerah yang akan dikunjungi.

foto : Tirto.co.id
foto : Tirto.co.id

Karena saat kita mampu mempelajari bahasa di setiap daerah kita juga berperan aktif menjaga tradisi dan budaya berbahasa. Tidak hanya menjadi seorang traveller yang mengekspose pesona alam di Indonesia saja namun ada tujuan lebih yang bermanfaat dalam kegiatan berwisata. Karena selain berwisata dan berperan aktif dalam menjaga tradisi berbudaya, kita juga mendapatkan hal lebih dengan menambah wawasan , khususnya tentang Indonesia serta kebhinekaannya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *