Berita BPJ

Bakti Sosial Perdana Backpacker Jakarta 14 di Kampung Dao Atas

Manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial, namun jiwa sosial dari manusia pun masih harus terus diasah. Komunitas Backpacker Jakarta merupakan komunitas yang tidak hanya mengedepankan jiwa petualang namun juga jiwa sosial anggotanya, salah satunya melalui kegiatan-kegiatan bakti sosial yang kerap dilaksanakan.

Kali ini Backpacker Jakarta #14 yang berkesempatan mengadakan bakti sosial di salah satu organisasi sosial yang bernama The Umbrella Wisdom di bilangan Kampung Dao, Jakarta Utara. The Umbrella Wisdom sendiri merupakan organisasi sosial yang peduli akan pendidikan dan isu yang berkaitan dengan anak-anak di daerah yang terpinggirkan, dengan visi menjadi wadah pendidikan anak didik prasejahtera dan pembentukan insan yang mampu bersaing di dunia pendidikan.

DCIM100GOPROGOPR8498.

Bakti sosial kali ini mengusung tema “Sehari bermain dan belajar bersama Kakak Asuh Backpacker Jakarta #14” dan dilaksanakan pada hari Minggu, 22 April 2018 di Kampung Dao Atas (Belakang Pasar Pagi Mangga Dua), Jakarta Utara.

Terletak di perkampungan di bantaran Rel Kereta Api di antara Stasiun Kota dan Stasiun Kampung Bandan, yang untuk mencapai lokasi baksos dapat ditempuh dengan berjalan kaki di tengah rel sejauh kurang lebih 1 KM. Cuaca yang cukup terik tidak menyurutkan semangat kakak asuh BPJ #14.

Acara dimulai dari pukul 10.00 WIB setelah kakak-kakak asuh yang merupakan warga dari Backpacker Jakarta #14 yang berjumlah kurang lebih 35 orang berkumpul. Lalu dilanjutkan dengan doa bersama dan perkenalan Kakak-kakak asuh kemudian senam Coconut dan bernyanyi untuk mencairkan suasana. Acara dilanjutkan dengan Story Telling oleh kakak Safira yang berjudul “Tersesat di Hutan” yang sarat akan pesan supaya adik-adik tidak mengabaikan pesan orang tua.

Adik-adik yang berjumlah sekitar 40 anak dengan usia berkisar 5-13 tahun ini sangat antusias mendengarkan cerita yang diakhiri oleh kuis yang berkaitan dengan cerita yang telah disampaikan. Adik-adik kemudian dijamu dengan snack pagi sebelum beranjak ke acara selanjutnya. Acara kemudian dimeriahkan dengan 3 games pembuka yakni games pesan berantai, oper bola dan oper karet dengan sedotan. Adik-adik dengan semangat berlomba supaya timnya menjadi pemenang, yang mana mereka telah dibagi menjadi 6 tim sebelumnya.

Games berlangsung hingga pukul 11.30 sebelum kemudian adik-adik dipersilahkan untuk beristirahat sambil dibagikan buah semangka dan melon untuk menyegarkan suasana yang saat itu cukup panas karena cuaca siang yang terik. Istirahat dilanjutkan dengan Shalat Dzuhur berjamaah di Musholla yang terletak persis di depan tenda tempat kami melaksanakan acara baksos.

Pukul 12.30 adik-adik kembali berkumpul untuk makan siang bersama lalu dilanjutkan dengan games seru yakni tebak gesture yang melibatkan kakak-kakak asuh sebagai peraganya. Acara masih berlanjut dengan lagu persembahan adik-adik asuh The Umbrella Wisdom khusus untuk kakak-kakak BPJ #14 yang menyanyikan lagu “Andaikan Aku Punya Sayap” dan ” Laskar Pelangi”.

Pukul 14.00 acara masih berlanjut dengan penyerahan Bingkisan berupa buku cerita anak dan permainan seperti Puzzle dan Monopoly secara simbolis oleh admin BPJ #14, Emma dan Ferdinand, kepada perwakilan kakak asuh dari The Umbrella Wisdom yang diwakili oleh Kak Gita serta bingkisan snack dan cokelat edisi khusus BPJ #14 untuk adik-adik.

DCIM100GOPROGOPR8511.

Wajah-wajah sumringah adik-adik saat bermain bersama menghadirkan kebahagiaan tersendiri di hati kakak-kakak dari BPJ #14. Acara kemudian ditutup dengan sambutan singkat ucapan terimakasih dari admin BPJ #14 dan The Umbrella Wisdom, doa penutup dan sesi foto bersama.

DCIM100GOPROGOPR8519.

Sehari bermain dan belajar bersama adik-adik terasa begitu singkat, menghadirkan kebahagiaan yang sulit terucap bagi kami ataupun adik-adik. Kami hanya berharap dengan kegiatan ini dapat menambah semangat belajar dan semangat berjuang hidup bagi adik-adik prasejahtera di sana.

Terimakasih sebanyak-banyaknya teruntuk adik-adik dan kakak asuh dari The Umbrella Wisdom atas kesempatan berbaginya. Terimakasih pula untuk seluruh warga BPJ #14 atas dukungannya baik berupa dana, materi, waktu, tenaga serta doa sehingga acara baksos perdana ini dapat dilaksanakan dengan lancar. Semoga acara baksos ini dapat membantu kita mengasah jiwa sosial dan menambah inspirasi bagi komunitas kita tercinta kedepannya.

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close