Air TerjunBlog

Asiknya Main Air Di Air terjun Ulem-ulem Lombok Timur

Pulau Lombok merupakan salah satu pulau yang kaya akan obyek wisata. Sangat banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang berkunjung hanya untuk menikmati keindahan alam Lombok. Selain wisata pantai, gunung, dan kuliner, Lombok juga menyediakan wisata alam yang masih asri dan alami, yaitu air terjun.

Wisata air terjun memang belum populer seperti destinasi wisata lainnya, akan tetapi jika kita menyempatkan diri untuk berkunjung ke obyek wisata air terjun, kita akan mendapatkan ketenangan yang mugkin tidak akan bisa kita lupakan. Obyek wisata air terjun yang cukup menarik perhatian adalah air terjun Ulem-Ulem.

images1QG54U2Q[1]

Air terjun Ulem-ulem terletak di desa tete Batu Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur. Air terjun ini masih bertetangga dengan air terjun Jeruk Manis. Air Terjun Ulem-ulem memiliki Ketinggian sekitar 5 meter dan berada di ketinggian 700 mdpl, memiliki kolam yang cukup dalam, sehingga cocok sebagai tempat pemandian. Selain itu air terjun ini memiliki daya pikat berupa hamparan sawah di sepanjang perjalanan, hijaunya perbukitan, kolam yang berada dibawah air terjun, panorama hutan yang masih asri, udara yang sejuk, dan pesona lainnya.

Lokasi obyek wisata ini bisa dicapai dengan hanya berjalan kaki dari desa Tete Batu, tetapi jika melalui Lendang Nangka, perjalanan cukup jauh, sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan bermotor. Tapi, dengan berjalan kaki, semua keindahan dapat kita nikmati dengan puas. Sumber air terjun ini berasal dari mata air di Taman Nasional Gunung Rinjani. Selama perjalanan menuju lokasi ini, kita akan melewati tepi hutan taman nasional gunung rinjani.

Air_Terjun_Ulem-ulem,_Tetebatu,_Lombok_Timur[1]

Keindahan air terjun Ulem-ulem bukan pada ketinggiannya, tetapi pada kolam yang berada dibawahnya. Kolam yang berukuran cukup luas merupakan tempat favorit pengunjung. Airnya yang bening dan sejuk membuat setiap pengunjung tak sabar untuk menceburkan diri, apalagi jika cuaca sedang panas dan berkeringat karena lelahnya perjalanan.

Air-Terjun-Ulem-ulem-540x336

Di sekitar air terjun juga terdapat saung yang terbuat dari bambu yang bisa digunakan untuk bersantai menikmati pemandangan air terjun. Dari atas saung, kita bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah, yaitu sungai berbatu dengan arus yang cukup deras. Dengan kondisi sungai seperti itu, sangat cocok untuk di jadikan obyek wisata arung jeram. Sealain itu juga Tete Batu memiliki akomodasi yang bagus seperti hotel Soedjono dan green Orry Cottage yang dilengkapi dengan restoran.

Untuk menuju obyek wisata ini cukup mudah, kita hanya perlu menuju desa Tete Batu. Rute perjalanan menuju desa tersebut adalah dari Mataram (terminal Mandalika) naik angkot meunu Labuhan Lombok. Selanjutnya jalan lurus ke Kopang dan sampai di Paok Motong. Dari Paok Motong ke Desa Tete Batu kurang lebih 12 km dengan menggunakan angkutan tradisional Lombok, yaitu Cidomo atau becak yang ditarik oleh kuda.

 

Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Tags

Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan....

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *