Air Terjun

Air Terjun Tumpak Sewu, Salah satu Air Terjun terindah di Indonesia

Air Terjun Tumpak Sewu atau biasa disebut juga sebagai Coban Sewu adalah sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar  120 meter. Air Terjun Tumpak Sewu sendiri berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur namun umumnya orang lebih mengenal Air Terjun Tumpak Sewu sebagai salah satu wisata yang ada Di Malang.

foto : dolanasyiktour
foto : nyamuk.jantan

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu air terjun terindah yang ada di Pulau Jawa dan Masuk kedalam 10 Air Terjun terindah di Indonesia. Air Terjun Tumpak Sewu ini memiliki karakteristik yang unik mengingat aliran air yang jatuh kebawah ini cukup lebar dan terlihat seperti mengelilingi sebuah lembah. Tak heran jika kita berada diatas lembah maka kita bisa menyaksikan air terjun ini terlihat sangat luas.

foto : mbolangeveryday

Keindahan yan ada disini sangat jarang bisa dilihat ditempat lainya. Hamparan pepohonan dan tumbuhan hijau mengelilingi sekitar area lembah dan barisan air terjun rapi berada disekitarnya membentuk sebuah pemandangan yang sangat istimewa. Mungkin karna banyaknya air terjun yang jatuh kebawah lembah ini menjadikan penamaan air terjun ini sebagai Air terjun 1000 (Coban sewu). Oh ya Kita juga bisa turun kebawah melihat lebih dekat pemandangan disekitarnya namun harus berhati-hati karna tangga kayu & bambu yang akan kita lewati cukup licin.

foto: adityasetyanaputra
foto by : bagoezduwi

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu yang berada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut ini seperti tirai yang menutupi pemandangan dibaliknya. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk dari aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.

foto : @robbiepoerwanto .
foto : @buang.waktu

Akses menuju Air Terjun Tumpak Sewu bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum baik roda 2 maupun roda empat. Sebelumnya kita harus melalui Kabupaten Lumajang atau jalur selatan Jawa Timur. Jika berangkat dari Malang, kita bisa memilih rute perjalanan via Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo – perbatasan Lumajang dan Malang. Setelah kita tiba di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, akan terlihat pintu masuk obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu yang berada di tepi jalan dan papan namnya cukup jelas.

foto : saragih_erick
foto :
kurang_syahdu

Buat kalian yang ingin menggunakan angkutan umum bisa menaiki minibus. Pilih Bus dengan rute Lumajang – Malang atau sebaliknya dan biasanya beroperasi mulai pukul 07.00- 16.00 WIB jadi usahakan kalian tiba lebih awal dan jangan terlalu lama diair terjun ini.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

1 thought on “Air Terjun Tumpak Sewu, Salah satu Air Terjun terindah di Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *