Air Terjun

Air Terjun Surodipo, Wisata alami di Temanggung

Air Terjun Surodipo adalah sebuah air terjun yang terletak di Tawangsari, kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Lokasinya yang cukup terpencil dan jauh membuat air terjun ini masih jarang dikunjungi wisatawan. Terlebih akses menuju Air Terjun Surodipo terbilang cukup sulit. Air Terjun Surodipo memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan berada diantara perbukitan dan lembah yang masih sangat alami.

foto : ardiankusuma.com

Air Terjun Surodipo Surodipo sebenarnya tidak hanya menyuguhkan air terjun tunggal saja tetapi masih ada sekitar 5 tingkat air terjun lagi pada aliran sungai selanjutnya jadi kamu bisa menikmati banyak air terjun  bila berkunjung ketempat ini. Air Terjun Surodipo masih minim fasilitas jadi buat kalian yang mau berkunjung ketempat ini disarankan membawa kebutuhan sendiri.

Jalan Menuju Air Terjun Surodipo

Air Terjun Surodipo ini dulunya bernama Air Terjun Trocoh yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya Bocor.  Arti bocor yang dimaksud adalah tetesan air yang berasal dari atas (misal: genting trocoh = genting bocor). Jadi Kesimpulannya Air terjun Trocoh adalah air terjun yang menetes dari atas.

Tokoh Ternama ki Surodipo

Pergantian nama dari  Air terjun Trocoh menjadi Air Terjun Surodipo adalah karna menghormati tokoh sakral masyarakat desa setempat yaitu Ki Surodipo. Ki Surodipo memiliki petilasan tidak jauh pos masuk air terjun. Ki Surodipo sendiri adalah tokoh yang dihormati karena syiar agama yang dilakukannya dan dia juga merupakan tokoh yang pernah memiliki kekuasaan tinggi di Kesultanan Yogyakarta.

 

Refrensi & Foto: ardiankusuma.com

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *