Air TerjunAlam & Taman

Air Terjun Riam Berawan, Bengkayang Kalimantan Barat

Selain Air Terjun Riam Merasap, Kabupaten Bengkayang menawarkan satu pesona air terjun tertinggi dengan nama yang tak kalah unik. Yupps, namanya Air Terjun Riam Berawan. Terletak di Dusun Biang, Desa Bengkawan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat.

Foto: borneokey.blogspot.com

Bernama Air Terjun Berawan’t, dalam bahasa Dayak berarti emas. Dipercaya air terjun ini memiliki sebuah legenda pertempuran antara ular raksasa dengan panglima perang. Dalam pertempuran tersebut panglima yang sakti berhasil memenangkan peperangan dengan memotong tubuh ular, yak anehnya kemudian potongan ular tadi menjelma menjadi riam/air terjun yang tinggi. Selain itu cerita kemunculan seekor rusa yang menampakkan diri ditengah riam dan memancarkan cahaya keemasan. Dari sinilah penamaan Berawan / emas berasal.

Foto: bombasticborneo.com

Aliran air terjun dengan ketinggian mencapai 75 meter ini berasal dari anak sungai Biang di kaki pegunungan Bayang yang terletak di dataran ketinggian sekitar 160 mdpl. Pesona yang dihadirkan air terjun ini tentu saja alirannya. Memiliki dentuman aliran yang sangat deras dan jernih, Air Terjun Berawan mempunyai kolam penampung dibawah curahan aliran air terjun. Segarnya air yang ada karena lokasinya yang berada disekitaran alaminya hutan hujan tropis.

Foto: husnuadib.prayogi.com

Untuk mencapai air terjun tersebut, kendaraan roda dua maupun roda empat sudah mampu mengakses kondisi jalannya. Namun, perjuanganmu untuk menemukan air terjun ini masih harus dilanjutkan dengan  berjalan kaki menapaki ketinggian dataran tadi kurang lebih sekitara 30 menit perjalanan. Usahakan bawa perbekalan yang cukup selama tracking menuju air terjun Riam Berawan, agar liburanmu terasa tidak melelahkan. Yuk, berkunjung ke Riam Emasnya Bengkayang !!

 

 

Sumber Referensi : wikipedia.id & yukayowisataliburan.blogspot.com

 

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close