Air TerjunBlog

Air Terjun Otak Kokoq Lombok Timur

Lombok tak hanya terkenal karena  Gunung Rinjani, pantai yang berpasir putih, dan gugusan pulau kecil yang terkenal akan keindahannya, tapi masih banyak tempat menarik lainnya yang bisa kita jelajahi. Salah satunya adalah air terjun.

Jika kita berbicara air terjun di Lombok, pasti yang kita ingat adalah Air Terjun Tiu Kelep dan Air Terjun Sendang Gila. Padahal, Pulau Lombok masih memiliki banyak air terjun yang tak kalah indahnya dari kedua air terjun tersebut. Salah satu diantaranya adalah Air Terjun Otak Kokoq.

3962708_20130906013405[1]

Air Terjun Otak Kokoq (lebih dikenal dengan nama Joben, red) berada di Desa Montong Batok, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur atau kurang lebih 50 km dari kota Mataram.  Air Terjun Otak Kokoq merupakan daerah dengan pemandangan alam yang sejuk dan indah.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Objek wisata ini terkenal dengan air terjunnya yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Konon, yang keluar dari akar pohon Banjur ini diyakini masyarakat setempat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jika buih air yang menyentuh badan kita berubah warna menjadi putih, artinya badan kita terkena penyakit.

kolam-untuk-orang-dewasa-dan-kolam-untuk-anak-anak-8[1]

Air terjun Otak Kokoq berasal dari bahasa tradisional Lombok, yaitu Sasak yang artinya otak=kepala, Kokoq=sungai. Jadi Otak Kokoq artinya air terjun alami yang airnya berasal dari mata air yang berada di hulu sungai. Objek wisata ini memang belum dikenal luas wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Fasilitas di lokasi ini cukup lengkap dan memadai. Di lokasi ini , selain air terjun, juga terdapat dua buah kolam renang yang masing-masing untuk dewasa dan anak-anak, toilet, mushollah, dan lahan parkir yang cukup luas. Tempat istirahat berupa gazebo dan beberapa warung juga sudah tersedia.

untitled[1]

Kawasan Air Terjun Otak Kokoq berada di daerah perbukitan sehingga menjadikan airnya terasa sangat sejuk dan segar.  Naik ke atas lokasi ini, kita akan menemukan bukit-bukit yang dijadikan kawasan konservasi alam. Perbukitan yang berupa hutan tropis dipenuhi dengan pepohonan yang rindang dan hijau. Kelebihan lain  objek wisata ini adalah kita bisa menikmati tiga macam wisata sekaligus, yaitu air terjun, kolam renang, dan kawasan hutan lindung yang selalu terjaga.

gambar-air-terjun-otak-kokok-joben-lombok

Untuk mencapai lokasi ini cukup mudah. Jalur yang bisa ditempuh yaitu Kota Mataram – Taman Narmada-Kopang – Terara -Montongbatok – Otak Kokoq. Dari kota mataram ambil arah menuju Lombok Timur. Sesampainya di Montongbatok kita akan menemukan plang besar bertuliskan “Otak Kokoq Joben”. Tidak jauh dari plang ini ambil arah kiri yang menuju Gunung Rinjani. Ikuti saja jalan tersebut, sampai kita tiba di pintu gerbang yang bertuliskan “Selamat Datang di Otak Kokoq Joben”.

Ayo kita kunjungi tempat menarik ini!

Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Editor : Aemilia Dessy S

 

 

Tags
Show More

Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan....

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *