Air Terjun

Air Terjun Gangga Lombok Utara

Sumber : lombokgilis
Sumber : lombokgilis

Wisata Air Terjun di sekitar Lombok Utara memang banyak yang patut kita kunjungi. Salah satunya Air Terjun Gangga yang terletak di Dusun Kertaraharja, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Air Terjun Kerta Gangga beberapa tingkatan, yaitu :

Air Terjun Pertama

Jika cuaca tidak berkabut, dari sini kita juga bisa melihat tiga gili. Air terjun pertama ini cukup tinggi dan memiliki kemiringan sekitar 45 derajat sehingga memungkinkan Anda mendaki sampai puncak air terjun tanpa alat bantu pendakian.

Sumber : lombok.panduanwisata
Sumber : lombok.panduanwisata

Air Terjun Dua

Lokasi air terjun kedua tidak begitu jauh letaknya dari air terjun pertama hanya berjarak beberapa meter saja dari air terjun pertama. Kalian hanya menyeberangi kolam air terjun pertama dan sedikit berjalan di bawah tebing bebatuan. Kalian sudah sampai di lorong berjembatan berbahan besi dengan pegangan besi di sisi kanan dan palang pengaman dari bambu di sisi kiri.

sumber : wisatalombokku
sumber : wisatalombokku

Air terjun kedua seolah berada di dalam gua karena dikelilingi tebing bebatuan yang curam. Hanya ada celah tebing selebar kurang lebih dua meter sebagai pintu masuk. Kolamnya cukup dalam dan cukup menantang. Kerena air terjun kedua tersembunyi inilah air terjun dengan sebutan Hidden Pool. Agar bisa menikmati pijatan air terjun kedua, kalian harus berenang menyeberangi kolam kurang lebih sejauh 10 meter.

Air Terjun Tiga

Air terjun yang satu ini sering kali tak tekunjungi oleh wisatawan karena lokasinya yang cukup jauh dari air terjun pertama dan kedua. Untuk menuju air terjun ketiga, kalian harus turun terlebihdahulu dari air terjun Pertama dan Kedua. Kemudian berjalan memutar melintasi persawahan dan berjalan menurun. Sebenarnya air terjun Tiga merupakan terusan aliran dari air terjun Kedua.

 

Sumber : dlavabutik
Sumber : dlavabutik

Akses menuju lokasi wisata Air Terjun Kerta Gangga, dengan jarak sekitar 42 km arah utara dari kota Mataram dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam saja, atau kurang lebih 7 km dari pusat pemerintahan Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Rute perjalanan sebagai berikut Mataram- Pemenang-Tanjung-Gondang-Lendang Bagian-Penjor-Kertaraharja.

Sumber : lombok.panduanwisata
Sumber : lombok.panduanwisata

Untuk mencapai lokasi objek wisata Air Terjun Kerta Gangga kalian dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dengan kondisi jalan relatif baik, hanya pada 2 km terakhir menjelang tiba di lokasi jalannya kurang bagus. Selanjutnya dari area parkir perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melewati jalan yang menanjak sejauh kira-kira 500 m (sekitar 10 menit waktu tempuhnya) hingga tiba di lokasi air terjun berada.

Peringatan ya buat kalian… Bagi kalian yang tidak mahir berenang diharapkan hati-hati saat berada di kolam Air Terjun Gangga karna kedalamannya sekitar lebih dari 2 meter dan airnya juga cukup deras. Hati-hati ya guys.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *