KulinerSeputar Travelling

7 Kuliner Khas Flores Yang Wajib Kamu Cicipi !

Flores memang terkenal sebagai surganya Indonesia. Karena memiliki kekayaan wisata dan budaya yang berlimpah. Tapi, diluar itu, Flores juga memiliki beberapa kuliner khas yang wajib banget kamu cicipi saat berlibur kesana. Penasaran apa aja? Yuk kita icip-icip.

  1. Rumpu Rampe
Sumber Foto : https://cdn.idntimes.com

Makanan yang satu ini bernama Rumpu Rampe. Terbuat dari daun ubi dan daun pepaya. So, dijamin menyehatkan. Rumpu Rampe banyak ditemukan di Maumere, dan biasa dimakan bersamaan dengan ikan bakar.

2. Kue Rambut

Sumber Foto : https://cdn.idntimes.com

Tenang, kue ini bukan berasal dari rambut kok hehehe. Tetapi terbuat dari tepung beras, nira, gula, garam dan air. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih. Serta menjadi kudapan khas masyarakat Nusa Tenggara Timur.

3. Jagung Titi

Sumber Foto : https://cdn.idntimes.com

Selain Kue Rambut dan Rumpu Rampe. Kamu juga harus nyicipin Jagung Titi. Yaps, makanan favorit yang biasa dijadikan teman minum kopi saat pagi maupun sore hari. Penasaran seperti apa rasanya ? Yuk main-main ke Flores.

4. Jagung Bose

Sumber Foto : https://cdn.idntimes.com

Nah, masih berbahan dasar jagung pemirsa. Hanya saja Jagung Bose ditambah dengan kacang merah. Dan disajikan diatas cangkir atau mangkuk kecil karna teksturnya yang agak kental. Btw, Jagung Bose ini menjadi hidangan khas masyarakat Flores. So, kamu wajib banget cobain kuliner yang satu ini.

5. Jagung Catemak

Sumber Foto : https://cdn.idntimes.com

Alamak, Jagung lagi? Iya jagung. Namun kali ini Jagung Catemak berbahan dasar jagung, labu dan kacang hijau. Secara fisik ya sedikit mirip dengan kolak. Bedanya, Jagung Catemak memiliki rasa asin dan gurih.

6. Kolo

Sumber Foto : https://cdn.idntimes.com

Nah, kalau yang ini adalah Kolo. Yaitu nasi bakar yang dimasak dalam sebilah bambu. Anyway, bambu yang dipakai adalah bambu muda dengan panjang sekitar 30 sentimeter. Untuk rasanya sendiri, ya cobain aja kalau kamu kesini ya :)

7. Se’i

Sumber Foto : https://cdn.idntimes.com

Nasi sudah, jagung sudah. The last, but not least, makanan satu ini berbahan dasar daging asap yang terbuat dari daging sapi maupun babi. Proses pembuatannya sendiri yaitu tentu saja dengan diasapkan terlebih dahulu. Kemudian dimasak dengan cara digoreng atau ditumis dengan bunga pepaya.

Nah, itulah sekilas kuliner khas Flores yang wajib banget kamu cicipi. Khusus nomor 7, perhatikan dulu ya bahan dasarnya. Kalau kamu muslim, makanlah yang berbahan dasar sapi :) hehehe. Selamat mencicipi gengs~

Sumber Referensi : https://travel.idntimes.com

Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close