Seputar Travelling

Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo Yang Tak Boleh Kamu Lewatkan!

Hai travellers! Tak lengkap rasanya jika travelling tidak membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Nah, buat kamu yang berencana untuk liburan ke Labuan Bajo, kamu nggak perlu bingung mau beli apa dan dimana. Karena, aku akan kasih sedikit beberapa bocoran oleh-oleh khas Labuan Bajo yang sayang untuk kamu lewatkan. Mau tau apa aja ? Yuk ikutin terus artikel dibawah ini ya!

1. Kopi Manggarai

Sumber Foto : tokopedia.com

Kopi Manggarai dulu dikenal dengan sebutan Kopi Flores. Dan merupakan salah satu jenis kopi yang memiliki citarasa mantap dari Indonesia. Nah, buat kamu yang ingin mendapatkannya, tak perlu khawatir beli dimana. Karena hampir di setiap minimarket dan toko souvenir di Labuan Bajo pun sudah menjual Kopi Manggarai dalam bentuk kemasan dengan merk yang berbeda-beda.

2. Cemilan Rebok

Sumber Foto : http://life.108jakarta.com/

Rebok merupakan salah satu cemilan yang terbuat dari olahan tepung beras dan kelapa parut. Mirip seperti sagon, tapi beda dikit sih. Btw, Rebok ini termasuk dalam kuliner khas Manggarai yang wajib banget kamu beli, dan bisa kamu sajikan bersama buah alpukat atau roti susu. Untuk mendapatkannya, kamu bisa membeli di toko-toko souvenir di Labuan Bajo.

3. Pernak-Pernik Mutiara

Sebagai destinasi wisata bahari, mutiara pun tak ketinggalan menjadi salah satu souvenir khas Labuan Bajo. Fyi, mutiara disini adalah mutiara yang sudah di olah menjadi kalung, gelang, maupun cincin. Untuk harganya tentu menyesuaikan kualitas. Dan jika kamu mau membelinya, kamu bisa mengunjungi Toko Souvenir Exotic yang banyak menjual kerajinan mutiara maupun di pasar souvenir yang ada di Pulau Komodo dengan harga yang jauh lebih murah.

4. Ikan Cara dan Ikan Kering dari Tempat Pelelangan Ikan 

Sumber Foto : https://egieligius.com

Berhubung Labuan Bajo banyak ditinggali oleh nelayan, so kamu harus menyempatkan diri untuk membeli Ikan Cara dan Ikan Kering dari Tempat Pelelangan Ikan. Anyway, Ikan Cara memiliki bentuk yang kecil dan pipih. Dan biasa dijual dengan cara diikat atau ditimbang. Biasanya disajikan dengan cara di goreng kering dan dicocol sambal terasi. Fyi guys, salah satu alasan kenapa kamu harus beli di Tempat Pelelangan Ikan adalah karena harganya jauh lebih murah daripada di tempat lain.

5. Kaos Chomabee

Sumber Foto : https://egieligius.com

Bukan cuma Bali dan Jogja yang punya Dagadu maupun Joger. Labuan Bajo juga punya. Yaps, kaos Chomabee yang unik dan menarik. Dimana Chomabee mengedepankan ciri khas manggarai dalam produksi kaosnya yang terdapat kata-kata berbahasa Manggarai. Kata-kata tersebut juga bukanlah sembarang kata, melainkan berupa kiasan atau peribahasa khas tanah Manggarai. Untuk harganya berkisar Rp. 90.000, dan dapat kamu beli Toko Chomabee yang ada di Jl. Pantai Pede, Labuan Bajo.

6. Kain Songke

Sumber Foto : https://egieligius.com

Nah, buat kamu yang pengen beliin oleh-oleh buat mamah dirumah, kamu bisa membeli kain tenun khas daerah manggarai ini. Yaitu Kain Songke. Harganya memang terbilang mahal, sekitar Rp.700.000 sampai jutaan. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya memang unik dan sangat memperhatikan nilai-nilai adat. Tapi, sebanding kok dengan kualitasnya. Btw, Kain Songke ini bisa kamu beli di toko-toko souvenir, atau di Toko Souvenir Exotic Komodo.

Nah, itulah guys sedikit oleh-oleh yang rekomen banget buat kamu bawa pulang kerumah. Semoga bermanfaat buat kamu yang pengen hunting oleh-oleh ya :)

Referensi : https://egieligius.com

Tags
Show More

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

3 thoughts on “Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo Yang Tak Boleh Kamu Lewatkan!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *