Kuliner

Rawon Setan Mbak Endang

Rawon sudah tak asing lagi buat kita. Ini sudah jadi menu yang selalu ada di semua warteg di Jakarta. Tapi rawon yang satu ini berbeda dengan rawon yang ada di warteg Ibukota. Jika rawon khas warteg kuahnya berwarna kuning, rawon ini berkuah hitam pekat dengan potongan daging sapi yang empuk. Rawon khas Surabaya ini bernama Rawon Setan Mbak Endang yang berlokasi di Jl. Embong, Malang.

Photo. Bernandushedho.blogspot.com
Photo. Bernandushedho.blogspot.com

Kenapa di namakan rawon setan? Karena dulu waktu awal kuliner ini terkenal jam buka nya pada tengah malam pukul 22.00 sampai dini hari. Konon di waktu inilah jam dimana para setan keluar. Namun seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya peminat, warung makan Mbak Endang ini kini buka selama 24 jam.

Photo. Mimimama.blogspot.com
Photo. Mimimama.blogspot.com

Warna hitam pada kuah rawon ini berasal dari bumbu kluwak yang di ambil isinya dan disangrai kemudian dicampur dan direbus dengan bahan-bahan utama, bahan halusan dan bahan rempah lainnya. Ciri khas rawon setan ini berbeda dengan rawon lainnya. Rawon setan ini kaldunya berwarna hitam pekat dengan potongan daging sapi yang empuk dan di sajikan dengan bahan pelengkap lainnya seperti nasi putih, kerupuk udang, empal goreng, irisan telor asin, taburan tauge rebus dan bawang goreng ditambah dengan sambal terasi yang bikin rasanya makin pedas dan nikmat. Harga untuk satu porsi nasi rawon setan adalah Rp 25.000, untuk bahan pelengkap seperti di atas belum termasuk ke dalam harga tersebut.

Karyawati Rawon Setan Mbak Endang Surabaya menunjukkan menu rawon setan dan ayam bakar. f, Iman Wachyudi/ Batam Pos
Karyawati Rawon Setan Mbak Endang Surabaya menunjukkan menu rawon setan dan ayam bakar. f, Iman Wachyudi/ Batam Pos

Dalam membuat rawon setan ini ada 3 bahan yang harus di persiapkan. Nah, berikut ini ada resep cara membuat rawon setan ala Mbak Endang.

Bahan utama:
Daging sapi 1 kg, tulang sapi 500 gram, air putih 2 liter, 7 sendok makan minyak goreng.

Bahan rempah: Lengkuas dan jahe masing masing 1 potong di memarkan, serai 2 batang memarkan, jeruk purut 3 buah (ambil kulit wanginya saja), daun jeruk 3 lembar, gula 1 sendok teh dan garam.

Bahan halusan :
Kluwak 12 buah (ambil isinya dan sangrai kering). bawang merah 17 buah, bawang putih 8 buah, 2 sendok makan ketumbar, garam dan penyedap rasa secukupnya, kunyit dan terasi secukupnya.

Bahan pelengkap :
Kerupuk udang, tempe goreng, taburan tauge, taburan bawang goreng, irisan telor asin atau empal goreng, dan sambal terasi.

Cara membuat :
Rebus daging hingga empuk kemudian angkat dan potong potong kecil. Tumis semua bumbu yang di haluskan hingga wangi. Kemudian masukkan hasil tumisan ke rebusan tulang dan daging yang sudah di potong dan aduk hingga rata. Selanjutnya rebus sampai semua daging empuk dan bumbu meresap. Hidangkan bersama bahan pelengkap dan sambal yang pedas.

Saat berkunjung ke Surabaya, wajib untuk mampir dan mencoba kuliner yang satu ini. Atau kita bisa mencoba sendiri resep Rawon Setan Mbak Endang ini di rumah masing-masing.

Editor : Syarah N.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *