PulauWisata Jakarta

Pulau Bokor, Kepulauan Seribu

Pulau Bokor merupakan pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu yang secara administratif termasuk dalam wilayah Kelurahan pulau untung jawa, Kecamatan kepulauan seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Sumber : panoramio.com
Sumber : panoramio.com

Menurut Undang-undang No.5 Tahun 1990 tentang Konservasi Suber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, Cagar Alam adalah kawasan suaka alam karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan tunbuhan, satwa, dan ekosistemnya atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami Di wilayah kerja Balai Konservasi Sumber Daya Aam DKI Jakarta terdapat kawasan Cagar Alam yakni Pulau Bokor, kawasan ini ditetapkan sebagai Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda Nomor : 7 tanggal 3 Mei 1939 (staadblad 245) dengan luas 18 Ha.

Sumber : rimaca2011.wordpress.com
Sumber : rimaca2011.wordpress.com

Pulau ini tidak dihuni oleh manusia, namun binatang primata jenis Kera ekor panjang ini sangat banyak dipulau bokor ini. Apabila kita sampai di pulau bokor ini biasanya kita akan disambut oleh kera-kera ini. Walaupun dipulau ini sangat banyak spesies binatang seperti, Sisik (Kura-Kura), Biawak, kadal, dan Burung dari berbagai jenis karena letaknya memang berdekatan dengan pulau rambut sedangkan untuk jenis-jenis pohon yang tumbuh di kawasan Cagar Alam Pulau Bokor adalah jenis-jenis pohon pantai seperti Kepuh, Ketapang, Asam, Melinjo danĀ  bakau.

Sumber : rimaca2011.wordpress.com
Sumber : rimaca2011.wordpress.com

Kawasan Cagar Alam Pulau Bokor ini juga banyak dihuni oleh burung-burung air, Karena jaraknya relatif berdekatan dengan kawasan Suaka Margasatwa Pulau Rambut. Sedangkan, satwa yang banyak dijumpai dipulau bokor ini adalah satwa primata jenis Kera Ekor Panjang sebagai satwa introduksi.

Sumber : kotawisataindonesia.com
Sumber : kotawisataindonesia.com

Akses menuju ke Pulau Bokor, kalian bisa menggunakan kapal yang disewakan oleh nelayan di sepanjang pelabuhan Muara Angke atau Tanjung pasir. Waktu tempuh jika melewati Muara Angke akan lebih lama 15 menit dibanding dengan waktu tempuh dari Tanjung Pasir.

Sumber : kepseribuselatan.blogspot.com
Sumber : kepseribuselatan.blogspot.com

Menuju Pulau Bokor sebaiknya melalui Pulau Untung Jawa. Pulau Bokor terdiri dari pepohonan hutan dan hanya dihuni oleh satwa satwa liar, sehingga tidak ada penginapan bagi para pengunjung. Bila ingin menginap, pengunjung dapat mencari penginapan di Pulau Untung Jawa.

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *