Home / Blog / Air Terjun / Air Terjun Sanginan, Purwantoro Wonogiri

Air Terjun Sanginan, Purwantoro Wonogiri

Purwantoro sebuah kecamatan yang berbatasan langsung dengan ponorogo ini memang nggak ada matinya menghadirkan wisata tersembunyi. Lokasinya merupakan perbatasan antara propinsi jawa tengah dan jawa timur. Selain memiliki ikon wisata cumbri yang ngehits banget itu, ternyata purwantoro juga memiliki air terjun yang nggak kalah menariknya dari air terjun lainnya. Yuhuu..Air Terjun Sanginan namanya.

Air Terjun Sanginan

Air terjun Sanginan, berlokasi di desa Sanginan, lebih tepatnya dibawah bukit cumbri. Aksesnya bisa ditempuh dari desa karang tengah-kepyar, perempatan ngandong ketimur melewati lereng perbukitan desa kali telu. Lokasinya tak jauh dari watu lumbung lurus sedikit ke arah bukit cumbri. Jika anda berniat ke bukit cumbri, anda bisa mampir sebentar menikmati sensasi kesegaran air terjun sanginan ini.

Air Terjun Sanginan 2

foto: pictaram

Air terjun sanginan memiliki bentuk debit jatuh yang unik, jika dipandang sekilas debit yang jatuh berbentuk pipih. Karena aliran dari sumber mata air langsung mengikuti struktur batu yang sedikit lempeng. Jika dilihat air terjun ini memiliki keteinggian berkisar antara 10-20meter. Lokasi dengan jalan yang sedikit minim, diantara rimbunan pepohonan hutan sering kali dijadikan lokasi hiking dan kegiatan pramuka sekolah. Udara segar khas kota purwantoro akan benar-benar menyayat kepenatan. Selain dijadikan lokasi wisata local, air terjun ini juga berfungsi sebagai sumber mata air warga setempat, karena airnya yang bersih dan alami pegunungan.

Air Terjun Sanginan 3

foto : sanganinpwt

Karena air terjun sanginan tergolong wisata local dan belum banyak dikenal masyarakat luas, disini belum tersedia  loket HTM, namun jangan khawatir warga setempat sudah menyediakan tempat parkir dengan biaya Rp.2000,- Sehingga motor anda akan tetap dijaga keamanannya selama kalian bermain di air terjun sanginan ini.

So, Jika anda ke cumbri melewati desa kepyar jangan lupa mampir ke air terjun ini untuk sekedar melepas lelah dan dahaga dengan menikmati kesejukan air terjun sanginan.

About Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Check Also

Liputan Trip Eksplore Banyuwangi Part 10

Untuk ke 10 kalinya Backpacker Jakarta berkesempatan mengadakan Trip Ke Banyuwangi dan beberapa kota lainya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *