Air Terjun

Curug Malela, Niagara Mini di Bandung Barat

 Curug Malela ini terdapat di daerah Gunung Halu, Bandung Barat. Untuk dapat kesini bisa menggunakan kendaraan pribadi (sepeda motor) karena akses jalannya yang lumayan rusak di beberapa titik. Hanya saja sekarang sudah dilakukan perbaikan jalan dan kita berharap kedepannya di sana jalan sudah nyaman untuk dilalui, kalaupun masih ada kerusakan diharapkan hanya di beberapa titik saja.

curug malela 2

Apapun itu, saya sarankan bagi kalian yang hendak mengunjungi Curug Malela untuk siap disegala kondisi dan medan. Selain medan yang belum memadai, jarak tempuh yang lama juga menjadi kendala tersendiri bagi mereka yang hendak ke Malela. Bayangkan saja, untuk menuju curug ini dari Cimahi, Bandung Barat kita bisa menempuh hampir 4 jam perjalanan atau lebih. Terlebih lagi jika kita berasal dari Jakarta, tentu lebih menghabiskan waktu dan tenaga tentunya. Akan tetapi semua akan terbayarkan jika kita sudah tiba di curug ini. Kemegahan curug ini akan membuat kita terpukau dibuatnya, belum lagi melihat hijaunya perbukitan yang mengelilingi curug ini, sungguh pemandangan yang menakjubkan.

curug malela bandung

Memang pantas curug jika curug ini dinamakan Niagara Mini, bentuknya yang lebar dengan debit air yang besar menjadikan curug ini lain dari pada curug curug yang pernah kami temui sebelumnya. Sayangnya karena airnya yang sedikit keruh jadi tidak bisa digunakan untuk bermain air. Dan pada musim penghujan memang disarankan untuk tidak dekat dekat dengan aliran curug karena hembusannya yang kencang dan arus airnya yang deras. Menurut info yang kami dapatkan dari Bapak Saep, pemilik warung yang terdapat di lokasi penitipan motor mengatakan bahwa di daerah sekitar ada kurang lebih 7 curug termasuk dengan Curug Malela yang terdapat di daerah itu.

curug malela 6

curug lain disebelah curug malela

Beruntung kami saat itu kami bisa berkunjung ke salah satu curug selain Malela. Curug itu bernama Curug Manglid, meskipun alirannya tak sebesar Curug Malela tapi airnya jauh lebih jernih daripada Curug Malela sehingga bisa kita gunakan bermain air di bawah curugnya. Lokasi curug ini juga tak jauh, hanya berjarak kurang lebih 15-30 menit perjalanan dari Malela. Akan tetapi karena keterbatasan waktu kami, terpaksa mengakhiri kecerian kami bermain di curug ini.

curug malela

Karena mengingat jauhnya perjalanan yang hendak kami tempuh untuk menuju jakarta sehingga untuk menghindari kemalaman di tengah perjalanan jadi kami memutuskan pulang lebih awal. Sungguh perjalanan kami ke Curug Malela bisa dibilang melelahkan tapi juga mengesankan, Sebuah perjalanan yang tak akan kami lupakan tentunya. Sebuah perjalanan yang mengajarkan kami banyak hal berharga, salah satunya ada semangat pantang menyerah dan tidak putus asa. Sebuah perjalanan panjang menuju ke curug yang tersembunyi di Bandung Barat yaitu Curug Malela.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *