Alam & Taman

Wisata Tembakau Di Jember, Salah Satu Penghasil Tembakau Terbaik Di Dunia

Jember masuk kedalam salah satu penghasil tembakau terbaik di dunia. Waw mengapa demikian..?

Wisata Tembakau yang terletak di Desa Ajung, Kecamatan Jenggawah, Jember, JawaTimur ini mulai dilirik bagi para wisatawan. Dari dulu, Jember  terkenal dengan tembakaunya guys.

Tembakau Jember juga diekspor ke Bremen, Jerman. Tembakau Jember juga dimanfaatkan terutama untuk bahan pembalut cerutu (dekblad) selain sebagai bahan pengikat (binder) serta pengisi (filler) aroma cerutu yang berkualitas tersebut. Tembakau dari Jember itu tidak kalah dengan cerutu Kuba maupun Amerika. Lebih dari dua abad tembakau ini ada dan tumbuh di daerah Jember.

rokok-indonesia

Sumber : rokokindonesia

Mulanya, adalah George Bernie yang mendapatkan hakerfpacht atau hak guna usaha untuk jangka waktu 75 tahun di daerah Jember di Jenggawah. Ia menggarap areal perkebunan ini untuk usaha perkebunan tembakau jenis BNO (Besuki Na Oogst)

Zaman pun berganti perkebunan tersebut lalu dikelola oleh badan hukum milik Pemerintah Hindia Belanda. Setelah pendudukan Jepang, perusahaan ini kemudian dinasionalisasikan. Terhadap lahan perkebunan itu sempat timbul konflik antara petani dengan  PT Perkebunan (PTP) XXVII. Konflik ini bisa diselesaikan dan petani memperoleh hak milik atas lahan tersebut. PTP XXVII, XIX, XXI, dan XXII pada tahun 1996 kemudian melebur  menjadi PT Perkebunan  Nusantara  X. Masyarakat setempat biasa menanam tembakau sampai-sampai tanaman tembakau menjadi trade mark Kabupaten Jember. Tidak mengherankan bila pemerintah kabupaten memakai daun tembakau sebagai salah satu gambar  yang  menghias lambang daerahnya.

Kabupaten Jember terkenal sebagai salah satu penghasil Tembakau terbaik di dunia. Melalui potensi tanaman tembakau  ini, Kabupaten  Jember  telah lama terkenal dan melegenda sebagai “kotatembakau” dan merupaka salah satu daerah produsen dan penghasil tembakau terbesar dengan produk yang berkualitas. Tidak hanya di pasar nasional, bahkan telah lama Kota Jember dikenal di beberapa negara seperti di Eropa.

Created by : Bubuy

Tags

bubuy

Backpackology

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *