Seputar TravellingUncategorized

Voluntrip: Trip Sambil Beramal

Kali ini aku ingin bercerita tentang salah satu kegiatan pengabdian bernama Voluntrip, yang dinaungi oleh sebuah lembaga dengan taglinenya yang terkenal “Satu Hari Satu Kebaikan”. Bertempat di Nagari Pagadih, Kec. Palupuah, Kab. Agam, Sumatera Barat.

Pelaksanaan kegiatannya yaitu pada tanggal 05 – 08 September 2019. Perjalanan menuju lokasi memakan waktu lebih kurang 5 jam dari Kota Padang. Sebenarnya, tidak banyak yang bisa aku ingat. Mengangkat tema “TRIPMAL” Ngetrip dan Beramal Wujudkan Pagadih Madani, berikut rangkaian kegiatan utamanya:

Sekolah Ceria

Relawan dibagi menjadi 3 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang. Semua kegiatan berlangsung di dalam kelas. Mulai dari pengenalan profesi, ice breaking, pembagian alat tulis, celengan, serta pemberian motivasi kepada adik-adik untuk terus mengejar cita-cita mereka dan menuliskannya.

Taman Baca Masyarakat

Ruang kosong yang tidak diberdayakan lagi, disulap menjadi lokasi taman baca. Dilakukan pembersihan dan pengecatan bagian luar juga dalam, dekorasi, pembersihan sekeliling area, pembuatan rak, hingga stempel dan penataan buku. Taman Baca Masyarakat ini dibuka dengan pertunjukan kebudayaan khas Minangkabau berupa silat dan makan sirih oleh relawan, serta pemotongan pita.

Festival Anak Sholeh

Menyejukkan hati, menentramkan jiwa. Ngetrip juga diisi dengan acara kerohanian berupa berbagai perlobaan yang terdiri dari Lomba Azan, Tilawah, dan Cerdas Cermat. Lomba dilakukan dengan beberapa babak, hingga menemukan sang juara. Cukup memakan waktu sebenarnya, tapi seru; melihat peserta lomba bersemangat untuk memperjuangkan juara yang diidam-idamkannya.

Nonton Bareng

Pelaksanaannya dimulai sekitar pukul 8 malam. Jembatan Pensil, menjadi film andalan. Penontonnya terdiri dari semua usia. Diakhir kegiatan juga ada doorprize bagi penonton yang bisa menjawab pertanyaan. Nah, pelaksana juga sudah mempersiapkan costum  boneka icon lembaga untuk memeriahkan suasanya voluntrip tersebut.

Aksi Layanan Sehat

Berupa pemeriksaan kesehatan secara gratis untuk masyarakat; seperti cek tensi dan metabolik, juga pengobatan oleh dokter. Dimulai pukul 1 siang hingga 4 sore. Masyarakat cukup antusias berpartisipasi dalam kegiatan ini.

 

Hanya ada satu orang yang bisa menghalangi untuk menjadi versi terbaikmu, orang itu adalah dirimu sendiri

Tags
Show More

Wina Zulfani

Masalah terbesar kita cuma satu: mati tidak masuk Surga

Related Articles

1 thought on “Voluntrip: Trip Sambil Beramal”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *