Pantai

Uniknya Ritual Pemanggil Ikan di Pantai Bakaro, Papua Barat

Kembali lagi ke kawasan Papua Barat, yang dimana segala destinasi yang terbentang dari ujung sampai ujung gak pernah mengecewakan! Salah satunya adalah Pantai Bakaro yang memiliki tradisi unik untuk mengumpulkan ikan hanya dengan menggunakan pluit. Percaya jangan? Harus percaya gaes.

Pantai Bakaro
Pict by flickr.com

Berada di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, kalian dapat mengunjungi lokasi wisata ini dengan menempuh jarak sekitar 5 kilometer ke arah barat kota Manokwari. Nah, selain ritual memanggil ikan, disini para pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti memancing atau berenang.

Ritual memanggil ikan

Nah, ritual ini biasanya dilakukan pada pagi dan sore hari saat air di Pantai Bakaro sudah pasang. Biasanya para warga berdiri di sisi pantai, lalu mulai membunyikan pluit an sambil menepuk-nepuk dasar air sebagai kode bahwa sudah waktunya memberikan makan pada ikan-ikan tersebut.

Pict by indonesiakaya.com

Untuk makanan nya sendiri, para warga memberikan sarang rayap setiap hari. Dan percaya gak percaya para ikan disini suka memakan makanan itu. Oh iya, sarang rayap disini memiliki jumlah yang sangat banyak dan terdapat di hutan sekitar Desa Bakaro.

Pict by indonesiakaya.com

Setelah melemparkan sarang rayap tersebut, para ikan akan mulai datang bergerombolan untuk makan. So gaes, saat ini ritual memanggil ikan bukan hanya dilakukan oleh penduduk setempat, melainkan para wisatawan yang berkunjung juga bisa melakukannya dengan dibantu oleh warga sekitar. Tapi dipastikan kalian datang saat pagi atau sore hari yaa..

Pict by indonesiakaya.com
Pict by indonesiakaya.com

Tradisi yang sudah ada sejak dulu kala menjadikan ritual ini terus berkembang dari generasi ke generasi, dan sudah menjadi kegiatan wajib oleh para penduduk untuk melakukan ritual ini.

Apakah kalian mau mencoba atraksi pemanggilan ikan yang sangat unik dan langka ini? Jika iya, langsung aja yuk ke Pantai Bakaro!

Terakhir, jangan lupa juga untuk mengabadikan moment di Pantai Bakaro saat air sedang surut, karena disitu kalian akan melihat banyak batu karang tempat dimana ikan berkumpul.

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close