Taman Nasional Wakatobi, Salah Satu Surga Bawah Laut Indonesia Yang Mendunia

Sumber Foto : tourism.wildasia

Taman Nasional Wakatobi. Siapa sih yang tidak mengenal Taman Laut yang satu ini. Salah satu Taman Nasional terbesar di Indonesia yang sudah mendunia dan memiliki surga bawah laut yang begitu mempesona. Terletak di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Luas areanya 1,390,000 hektar dan memiliki keanekaragaman hayati laut serta skala dan kondisi karang yang menempati posisi priotitas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Dan pada saat ini, TN Wakatobi menjadi pusat penelitian bawah laut dunia.

FYI. Ciri khas dari TN Wakatobi ini adalah gugusan terumbu karang yang dapat dijumpai disepanjang ratusan km garis pantai, dimana terdapat gua bawah laut yang ada di beberapa tempat sepanjang karang tersebut. Selain itu TN Wakatobi juga terkenal akan keanekaragaman biota laut yang cantik nan menawan yang dapat memanjakan mata siapa saja yang mengunjunginya, karna TN Wakatobi memiliki hampir seratus spesies ikan lucu dengan warna nya yang beraneka ragam, serta  beberapa jenis penyu yang bertelur di pantai, hingga jenis burung laut yang bertengger di karang dan terbang ke laut untuk berburu ikan serasa mengajak kita untuk berlama lama menghabiskan waktu di TN Wakatobi.

Sumber Foto : google

Selain gugusan terumbu karang dan biota laut yang menakjubkan, di TN Wakatobi juga terdapat beberapa pulau, diantaranya :

  1. Pulau Wangi-wangi
Pulau Wangi-wangi

Yang merupakan pintu masuk dari TN Wakatobi. Di pulau wangi-wangi inilah pengunjung bisa mendapati banyak resort yang menyediakan fasilitas menyelam. Yap, siapapun yang berkunjung ke Wakatobi, wajib banget buat menyelam. karna keindahan taman laut wakatobi bagaikan salah satu surge dunia yang sangat sayag dilewatkan.

  1. Pulau Kaledupa
Sumber Foto : Google

Pulau eksotis yang satu ini memiliki ciri khas karang yang berbentuk meja atau biasa disebut Table Coral.

  1. Pulau Hoga
Sumber Foto : Google

Pulau Hoga adalah pulau paling terkenal dan pulau favorit para penyelam profesional di indonesia maupun internasional. Karna keindahan biota lautnya yang masih sangat alami dan terjaga juga pasir pantainya yang berwarna putih bersih yang memberikan ketenangan sendiri bagi siapapun yang mengunjunginya.

  1. Pulau Tomia
Sumber Foto : exploresolo.com

Jika pulau pulau lainnya terkenal akan keindahan alamnya, lain hal dengan pulau Tomia. Pulau ini justru terkenal karna nilai sejarahnya karna terdapat sebuah sumur dengan kedalama 100 meter yang konon dahulu kala digunakan untuk tempat hukuman orang-orang yang dianggap bersalah. Serta adanya peninggalan perang berupa meriam yang masih utuh.

  1. Pulau Binongko

Dipulau Binongko pengunjung akan menemukan orang-orang yang berprofesi sebagai pandai besi, dan di laut sekitar pulau ini juga sering dijumpai lumba-lumba yang sedang berenang beriringan. sebuah pemandangan yang jarang sekali kita dapatkan.

Itulah sekilas tentang TN Wakatobi yang akan memanjakan kita dengan keindahan alamnya dan biota lautnya yang begitu mempesona, membuat siapapun ingin mengunjunginya.

About Rizky Amalia

Perkenalkan! Aku adalah salah satu dari tetesan benih yang jatuh ke Bumi. Perlahan menjelma menjadi seorang Accounting & Tax yang tersasar dijalur sastra dan sekarang tengah asik mengexplore indahnya Indonesia lewat goresan pena. Saat ini sedang mengejar target untuk bisa mendaki seluruh gunung di Tanah Air sebelum menikah. Serta sedang bermimpi menapaki gagahnya Carstensz Pyramid, titik tertinggi Tanah Air Indonesia.
Aku cinta menulis. Sebagaimana menulis adalah caraku melukiskan pikiran, perasaaan, serta gairah jiwa. Dan tulisan-tulisan itulah yang akan menandakan bahwa aku pernah ada dan melintas di Bumi ini sampai aku menghilang menjadi setitik debu di birunya semesta.

Check Also

Wajib Tahu, 10 Taman Terbaik di Jakarta

Sebagai Ibu kota, Jakarta merupakan daerah yang padat penduduk lengkap dengan segala aktivitas yang membuat …