PantaiUncategorized

Surga Tersembunyi Bernama Pantai Melasti

Pantai Melasti dari ketinggian 150 meter. Foto : Google

Bali!!! Kuta, Sanur, Nusa Penida atau Ubud adalah nama tempat yang pastinya terngiang di benak kita apabila mendengar kata Bali. Pulau Dewata ini memang tersohor karena pantainya yang eksotis dan romantis. Bagi para wisata pantai lovers, Bali adalah surga. Dari sederet pantai yang ada di Bali, Pantai Melasti mungkin masih terasa asing di telinga para wisatawan, padahal pantai ini tak kalah menarik lho!

Mengapa Pantai ini dinamakan Melasti? Ada asal usulnya pasti! Karena pantai ini sering dijadikan tempat pengadaan upacara Melasti (berendam di laut untuk mensucikan diri dalam menyambut tapa brata di hari raya Nyepi) pada saat-saat tertentu.

Foto : ardanadhi

Pantai Melasti terletak di jalan Melasti, Banjar Kelod, di Desa Adat Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung – Bali. Jika dari arah kota Denpasar sekitar 26km. Pantai Melasti memiliki karakter yang sama dengan Pantai Pandawa, di sini Anda dapat memandang lautan lepas dari tebing-tebing batu kapur yang tingginya hingga 150 meter, bahkan ada jalan tangga khusus buat pejalan kaki agar mereka bisa menikmati keindahan pantai dan laut lepas.

Sunset di Pantai Melasti. Foto : putuedhi

Ketika turun ke bawah, laut biru berpasir putih bersih yang selama ini menjadi ciri khas pantai di ujung Selatan Pulau Bali adalah salah satu daya tarik Pantai Melasti, yang unik adalah rongga-rongga batu seperti kolam kecil berwarna hijau bila dilihat dari atas. Di sini juga terdapat gua-gua karang berukuran kecil yang bisa menampung belasan orang jadi bila mereka yang tidak terlalu suka panas bisa berteduh di gua-gua ini.

Foto : Wayan Setiawan

Waktu terbaik untuk berkunjung kemari adalah pada siang hari hingga matahari terbenam, meski tempat ini bukan pantai terbaik untuk menikmati sunset. Jadi apabila Anda tipe pelancong yang senang duduk santai di pantai seraya makan atau membaca buku, Pantai Melasti adalah tujuan yang tepat.

Rongga batu yang bisa dijadikan tempat duduk-duduk. Foto : NadineAlexandrDewi

Di sekitar pantai terdapat banyak pedagang yang menjajankan berbagai macam pernak-pernik seperti souvenir, warung makan dan penginapan. Jadi bagi yang ingin menghabiskan waktu di Pantai Melasti sambil bersantai bisa langsung menginap di hotel terdekat.

Jadi, tunggu apalagi? Ke Pantai Melasti kuyyyy!!!

Author : Maria Ulfah @backpackerjakarta_32
Tags
Show More

Maria Ulfah

I am an ordinary person, try my best with perseverance and persistence to make me extraordinary one.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *