foto: instagram @nandalast

Sensasi ‘Private Island’ ala Pulau Sebaru — Kepulauan Seribu

2 Komentar

Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Harapan adalah beberapa deretan lokasi favorit para pelancong Kepulauan Seribu. Seiring banyaknya wisatawan yang datang menjadikan pulau-pulau tersebut ramai dan seringkali kotor oleh sampah. Tapi jangan khawatir, bagi kalian yang mendambakan pulau asri bak private island mungkin Pulau Sebaru adalah pilihan yang tepat.

Beberapa pulau kecil maupun besar di Kepulauan Seribu memang selalu menjadi sasaran wisata para warga Jakarta dan sekitarnya, terlebih ketika musim liburan. Tetapi begitu banyak pilihan pulau di Kepulauan ini menjadikan wisatawan tak perlu khawatir akan padatnya pengunjung pulau. Sobat BPJ pasti pingin dong mencoba suasana asri nan sunyi ala pulau pribadi? Dengan menempuh 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan speed boat dari Pantai Mutiara Pluit kalian akan disuguhkan sensasi alam yang menenangkan.

foto: efriritonga.wordpress.com

Terkenal akan keindahan bawah lautnya yang disebut-sebut mampu menyaingi keindahan perairan Indonesia Timur ini menjadikan Pulau Sebaru menjadi favorit para divers, loh! Jika ingin bertemu dengan ‘penghuni asli’ pulau ini yaitu Pink Anemone kalian bisa melakukan menyelaman di Dermaga Sebaru, Gosong Sebaru dan Sebaru Konservasi. Ikan yang biasa dikenal dengan Ikan Badut ini ternyata sangat mudah ditemui mulai dari kedalaman 5 meter hingga 17 meter.

foto: instagram @nandalast

Selain jenis ikan yang beragamnya jenis ikan, di Pulau Sebaru ternyata juga menjadi berkembangnya Giant Sea Fan. Sehatnya area laut menjadikan ratusan Coral Masiv tumbuh subur dan diperkirakan berumur lebih dari ratusan tahun. Begitupun dengan Soft Coral yang tumbuh dan memiliki warna-warna yang menarik mulai dari merah menyala hingga kuning emas.

Giant Pipefish yang berukuran hampir 1 meter juga bisa kalian jumpai di kedalaman laut Pulau Sebaru, beserta Green Turtle, Cuttlefish dan Angelfish yang berwarna warni. Serta tak ketinggalan ikan Goropa Tikus yang terlihat mendiami kawasan perairan ini.

Pulau Sebaru dinyatakan amat baik kebersihan dan kesehatannya, hal ini dipertegas dengan pernyataan seorang peneliti Anemone dari Universitas Bern Swiss, Liana Lasut, Ph.D., yakni, “Keberadaan Nemo adalah indikasi baik untuk laut. Mereka menjadi pengukur kesehatan perairan tersebut.” (Dikutip via kompasiana.com)

Jadi, ingin segera bertemu dengan Nemo lincah nan lucu di Pulau Sebaru? Yuk, persiapkan jatah liburan kalian! Salam BPJ!

Sumber: kompasiana.com

Baca Juga