Danau Matano Danau Terdalam di Indonesia

foto : rri.co.id
foto : rri.co.id

Danau Matano adalah salah satu Danau yang cukup unik dan patut kita banggakan baikkeindahanya maupun pesonanya. Danau ini terletak di Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Danau yang dikelilingi oleh Pegunungan Verbec dimana berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Sulawesi Tenggara.

foto : anekawisatanusantara.blogspot

Tahukah Kamu jika danau Matano ini adalah Danau terdalam di Indonesia ?
Yup Danau yang sudah tercatat dalam buku ini memiliki kedalaman 590 meter menempatkanya sebagai danau Terdalam di Duni urutan ke 10 dan terdalam di Indonesia.

foto : kidnesia.com

Ada begitu banyak keistimewaan danau ini selain karena dalamnya yang memecahkan rekor namun keistimewaan lainya seperti :

1. Danau ini bersifat isothermal, artinya suhu air di permukaan dan suhu air di dasar danau itu berbeda kurang dari dua derajat Celcius.
2. Di dekat Desa Matano yang terletak di sekitar danau ini, terdapat mata air yang mucul dari dasar danau.
3. Di kedalaman 200-300 meter terdapat kolam ikan dengan indikasi aliran gravitasi di dasar danau.
4. Di danau ini pun terdapat flora dan fauna yang endemik di Sorowako, artinya tidak dapat ditemukan di tempat lainnya.

foto : id.wikipedia.org

Keunikan danau Matano membuat sejumlah pakar ekologi telah merekomendasikan Danau Matano menjadi salah satu world heritage dan biodiversity hotspot yang harus dijaga kelestariannya dan keindahnya .

foto: id.wikipedia.org

Hits: 925

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Baca Artikel Lainnya