Home / Blog / Pantai / Sawarna yang Mewarna

Sawarna yang Mewarna

Banten memang memiliki banyak potensi wisata alam. Pada artikel kali ini saya akan berbagi tentang keindahan pantai Sawarna yang berlokasi di desa Sawarna kec. Bayah, kabupaten Lebak, Banten. Jalur menuju Sawarna memang butuh perjalanan yang bisa disebut ekstrem, karena jalanan yang naik turun, berkelok, dan kadang curam. Perjalanan bisa ditempuh melalui jalur Serang, Pandeglang, dan Pelabuhan Ratu. Namun, perjalanan yang ekstra tersebut akan terbayarkan bila sudah tiba di wisata yang dijuluki The Hidden Paradise ini.

Sawarna banten 3

Bagi kalian traveler yang baru pertama kali ke Sawarna, tidak usah bingung bagaimana mencari penginapan. Tinggal pilih saja, mau penginapan yang tenang, penuh fasilitas, nyaman, dan lengkap atau ingin di dekat pantai dengan suasana suara ombak yang menggelegar atau bisa menginap di beberapa rumah warga dengan tarif yang murah. Alternatif lain, bisa dengan mendirikan tenda. Namun, sebelumnya harus izin terlebih dahulu kepada Rt/Rw setempat, mengingat desa Sawarna ini adalah desa yang dikenal ramah tamah dan kondisi alamnya masih alami.
Ada apa sajakah di Sawarna? Ya, saya akan me-_review_ beberapa tempat yang bisa dijadikan acuan traveler selama di Sawarna lengkap dengan peta yang pernah saya dapatkan dari salah satu penginapan.

Sawarna banten 4

Tanjung layar adalah pantai paling laris yang dikunjungi para pecinta foto. Berupa dua buah batu mirip layar yang berdiri kokoh. Akses menuju ke pantai ini, traveler harus berjuang melewati jembatan gantung di atas sungai. Bersebelahan dengan Tanjung Layar, traveler akan melihat Karang Taraje, yakni karang panjang yang menimbulkan pemandangan menakjubkan saat dihantam ombak. Tak jauh dari Karang Taraje sedikit melewati ke area persawahan dan perkebunan menuju pantai Lagoon Pari. Jika belum lelah, Gua Lalay siap menyapa Anda.

Pantai Ciantir merupakan pantai berpasir putih dengan garis pantai yang unik dan gundukan pasir seperti gletser diantara deretan pohon kelapa. Pantai ini sangat cocok untuk menanti sunset dan sunrise serta ombak tinggi yang dahsyat yang diminati peselancar. Sedikit menelusup diantara rindangnya pepohonan, bisa ditemukan Gua Sribu Candi dan Gua Harta Karun.

Sawarna banten

Perjalanan berikutnya adalah menuju Gua Langir yang menarik untuk berfoto bersama kawan-kawan. Tak jauh dari bilik Gua Langir, cukup berjalan beberapa meter, bisa ditemukan Karang Bokor, sebuah batu karang di tengah laut diantara ombak-ombak besar yang menerpa.

Jangan lupa jaga kebersihan selama di pantai Sawarna karena alam akan ramah pada kita selama kita ramah pada alam. Selamat menikmati surganya wisata di kota Lebak, Banten ini.

Editor: Aemilia Dessy S

About Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Check Also

Pulau Satonda salah satu Pulau Paling Indah di Indonesia

Siapa sangka jika selama ini Indonesia masih memiliki tempat-tempat paling keren di Dunia. Salah satu …