Alam & TamanPulau

Savana Puru Kambera, Primadona Wisata Di Tanah Sumba

Haiiiiii, sudah baca tulisanku yang berjudul “Bukit Wairinding, Permadani Taman Surga Di Tanah Sumba” ? Kali ini aku akan balik lagi mengexplore keindahan Tanah Sumba, NTT. Sebuah daerah yang tak pernah habis akan anugrah dan keindahan alamnya.

sumber Foto : https://media.travelingyuk.com/wp-content/uploads/2017/07/Puru-Kambera.jpg

Dan kali ini aku akan mengenalkan salah satu si cantik yang gak boleh kamu lewatkan ketika kamu mengunjungi Tanah Sumba. Dan dia adalah… Savana. Yeah, Savana Puru Kambera. Waah, agak asing yah didengernya. Tapi, asal kamu tau, Savana Puru Kambera ini cukup terkenal dikalangan pelancong karna namanya yang sama dengan nama pantai di sumba timur. Yaitu Pantai Puru Kambera.

Sumber Foto ; Galeri Indonesia Kaya

Nah sebelum aku kenalin kamu ke Savana Puru Kambera, aku tau pasti kamu ada yang belum tau apa itu Savana. So, aku akan jelasin dulu secara garis besarnya. Jadi, Savana adalah padang rumput dengan diselingi oleh gerombolan pepohonan. Atau dapat juga kita artikan sebagai hamparan rumput yang luas dan tempat dimana berbagai ekosistem berkumpul untuk saling berinteraksi.

Sumber Foto ; Galeri Indonesia Kaya

Nah, sekarang udah taukan Savana itu apa. Jadi, Savana Puru Kambera ini merupakan sebuah padang savana dengan vegetasi khas Sumba. Dan memiliki ciri khas berupa sekumpulan kuda di alam liarnya.

Untuk bisa menuju kesini, kamu juga bisa sambil menikmati keindahan pantainya yang cukup luas dengan bulir bulir pasir putih yang indah bagaikan mutiara ditanah sumba. Jarak dari pantai ke padang savana adalah 2-3 km.

Sumber Foto ; Galeri Indonesia Kaya

Sesampainya di Savana Puru Kambera, kamu dapat segera mengeksplorasi panorama alamnya yang begitu memukau, Savana yang berwarna kuning saat musim kemarau ataupun hijau pada musim penghujan terlihat sangat kontras dengan birunya langit yang menyelimutinya. Ditambah dengan hamparan birunya air laut dari kejauhan yang nampak pun terlihat mathcing dengan warna biru nya langit yang terlukis seperti sebuah gradasi.

sumber Foto : http://www.nengahnemo.com/2017/05/jelajah-sumba-part-2.html

Tidak hanya itu guys, selain menikmati panoramanya, kamu juga bisa dengan bebas berinteraksi dengan kuda-kuda yang berkeliaran bebas. Atau sekedar mengamati tingkah laku kuda liar yang tengah mencari makan. Namun, biasanya para kuda liar tersebut lebih sering terlihat pada musim kemarau dibandingkan ke musim penghujan, Karena pada musim kemarau padang savana menjadi sangat kering dan kuda kuda tersebut menjadi lebih aktif merumput diluar hutan untuk mencari makan di padang savana.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

By the way, kuda-kuda di puru kambera sangatlah peka. Jadi kamu harus pelan-pelan bila ingin mendekatinya agar kuda tidak langsung bergerak menjauh. Dan jangan lupa siapkan segera kamera kamu untuk mengabadikan momen langka tersebut ya!

Sumber Foto : Galeri Indonesia kaya

So, hal inilah yang menjadikan para pelancong menempatkan Savana Puru Kambera sebagai destinasi utama mereka. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi Savana Puru Kambera? Jika iya, segeralah terbang ke Tanah Sumba.

The last but not least, untuk menuju kesini, kamu dapat menempuh jarak sekitar 25 km dari pusat Kota Waingapu dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewa. Karna tidak ada angkutan umum yang menuju ke tempat ini. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam perjalanan. Tapi jangan khawatir, sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan keindahan Tanah Sumba. Sampai-sampai kamu tidak akan bekedip karna pesonanya yang begitu luar biasa.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Nah, sesampainya disana, kamu tidak usah kaget juga. Karna tidak terdapat fasilitas penunjang apapun di sekitar savana. Namun jika kamu hendak mencari makan dan penginapan, kamu dapat menuju ke lokasi Pantai Puru Kambera. Di sana terdapat sebuah tempat penginapan sekaligus tempat makan bernama Pondok Wisata Pantai Cemara. Dan jika kamu ingin lebih mengexplorasi keindahan savana puru kambera, bawalah bekal berupa makanan an minuman yang cukup, mengingat cuaca Sumba memiliki cuaca panas yang extrim. Selamat berkunjung :)

Author : Rizky Amalia / Editor @febe_shinta

Referensi : https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/berkejaran-dengan-kuda-sumba-di-savana-puru-kambera

 

Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *