Alam & TamanBlogCity Tour & Landmark

Sandboarding di Gumuk Pasir Yogyakarta

Gumuk Pasir Parangkusumo berada di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, yang terletak di desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Gumuk pasir ini berupa bukit-bukit atau gundukan pasir seperti padang gurun yang terdapat di Timur Tengah.

Foto : google.com
Foto : google.com

Pasir-pasir ini merupakan hasil aktivitas vulkanik Gunung Merapi dan Merbabu yang terbawa oleh arus Kali Opak dan Kali Progo. Pada awalnya, masyarakat sekitar tidak melihat suatu hal yang unik dari tempat ini. Namun setelah diadakan berbagai penelitian, barulah mereka sadar bahwa mereka tinggal di salah satu warisan dunia.

Foto : panduanwisata.id
Foto : google.com

Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki suhu yang cukup ekstrim. Dimana ketika siang suhu sangat panas dan terik namun ketika malam hari suhu berubah menjadi sangat dingin. Sedangkan pasir yang terdapat di area ini terbilang unik karena memiliki karakteristik yang sama dengan gurun pasir yang terdapat di Meksiko. Gumuk Pasir Parangkusumo juga dijadikan wisata yang seru untuk bermain ski pasir (Sandboarding). Dengan ketinggian sekitar 20 meter, pengunjung dapat meluncur sepanjang 200 meter. Terdapat pengaman untuk siku, lutut dan helm sehingga pengunjung tidak perlu takut untuk meluncur.

Foto : blog.misteraladin.com
Foto : google.com

Harga tiket masuk Gemuk Pasir Parangkusumo adalah Rp. 3.000. Harga tersebut belum termasuk parkir jika anda menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan untuk mencoba sandboarding harga yang dipatok adalah Rp. 200.000/orang (minimal 6 orang) dengan durasi 2 jam permainan. Dengan harga tersebut sudah dilengkapi dengan pelindung seperti helm, pengaman siku dan lutut.

Foto : info-jogja.com
Foto : google.com

Rute menuju gumuk pasir parangkusumo jogja ini cukup mudah, dari pusat kota jogja pengunjung langsung saja ambil arah menuju ke jalan parangtritis. ikuti jalan ke arah selatan dengan jarak tempuh sekitar 35 Km. setelah melewati pintu retribusi pantai parangtritis diharapkan pelan-pelan kaena lokai gumuk pasir di pinggir jalan sebelum kompleks wisata pantai parangtritis.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Jika anda pemburu sunset, maka tempat ini cocok dijadikan spot foto, karena waktu yang paling tepat untuk menikmati romantisme gumuk pasir parangkusumo adalah sore hari dan pastikan cuaca tidak mendung, sehingga anda akan menikmati sunset yang sangat indah.

 

Tags

Hanindi Fajrina Tri Hardi

Pemburu fajar, perindu senja, dan penikmat kesunyian yang terkadang menulis dan membidik karena hobi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close