Rute Perjalanan dan Sejarah di Balik Nama Pulau Hatta Banda Neira

Pulau Hatta adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Kepulauan Banda, tepatnya di Maluku, Indonesia. Pulau Hatta terdiri dari sejumlah pulau kecil yang terletak di laut Banda, sekitar 1000 km di timur laut dari Pulau Jawa. 

Sejarah Pulau Hatta sendiri masih ada kaitannya dengan sejarah Kepulauan Banda, yang merupakan salah satu daerah penghasil rempah-rempah. Kepulauan Banda merupakan salah satu daerah penghasil rempah-rempah yang terkenal di dunia, terutama cengkih dan pala. Selain itu, pada tahun 1936, Mohammad Hatta dan Sutan Syahrir juga pernah diasingkan di Banda Neira setelah sebelumnya kedua tokoh tersebut dikucilkan dan diasingkan di Boven Digoel, Papua.

Disana, mereka menghabiskan waktu dengan membuat tulisan dan sering dimuat di media salah satunya di majalah Sin Tit Po. Mereka juga mengajar anak-anak di sekitar pulau dengan membuka kelas sore. Moh. Hatta dan Sutan Syahrir mengajar mulai dari aritmatika hingga bahasa Inggris. Pak Syahrir mengajar anak-anak kecil, sedangkan Pak Hatta mengajar anak-anak yang lebih besar. Pembelajaran masih menggunakan bahasa Belanda. Tak lupa juga disamping proses pembelajaran, mereka menanamkan nilai patriotisme kepada anak-anak.

Oleh karena itu, untuk menghormati jasa keduanya, dua pulau di Banda Neira diubah namanya menjadi Pulau Hatta dan Pulau Syahrir yang sebelumnya bernama Pulau Rozengain dan Pulau pisang.

Untuk sampai ke Pulau Hatta, kamu dapat menggunakan rute perjalanan sebagai berikut:

  1. Pertama, kamu harus terlebih dahulu sampai ke Kota Ambon, yang merupakan ibu kota Provinsi Maluku. Kamu dapat menggunakan pesawat atau kapal laut untuk sampai ke Kota Ambon.
  2. Setelah sampai di bandara, kamu perlu ke pelabuhan tulehu dahulu. Disana, kamu dapat menyewa mobil jemputan atau taksi yang ada di sekitar bandara untuk sampai ke pelabuhan. Kamu akan memakan waktu kurang lebih 1,5 jam untuk sampai di pelabuhan. Sebelum itu, kamu harus sudah mengecek jadwal kapal dari pelabuhan tulehu menuju Banda Neira.
  3. Kapal menuju Kepulauan Banda Neira hanya beroperasi dua kali dalam seminggu, yaitu pada saat keberangkatan dari Ambon ke Banda Neira setiap hari sabtu dan saat kepulangan dari Banda Neira ke Ambon setiap hari selasa. Estimasi waktu perjalanan menuju Banda Neira sekitar 6-7 jam dengan harga tiket sebesar Rp 410.000.
  4. Setelah sampai di Banda Naira kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Pulau Hatta dengan naik kapal. Untuk menyewa sebuah kapal mesin tarifnya biasanya sekitar Rp 500.000 dengan estimasi waktu perjalanan selama 1 jam. Kalau kamu ingin berhemat, kamu juga bisa menyewa motor yang biasa disewakan oleh penduduk sekitar dengan biaya sekitar Rp 400.000 dengan estimasi perjalanan selama 1,5 jam.

Pulau Hatta merupakan salah satu pulau yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Pulau ini terkenal dengan pantai-pantai berpasir putih yang indah, laut yang biru jernih, serta kekayaan kehidupan laut yang luar biasa. Sehingga pulau ini juga terkenal sebagai salah satu spot diving yang sayang sekali untuk dilewatkan. Selain itu, Pulau Hatta juga memiliki beberapa tempat wisata yang menarik, seperti Taman Nasional Gunung Api Banda, dan juga Pulau Ai.

Di Pulau Hatta, kamu juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan disana, seperti penginapan, restoran, serta fasilitas olahraga air.

Sumber foto: Edi M Yamin kataomed.com

Author : Amanda Nesya Aulia

Hits: 100

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok.

Instagram : @backpackerjakarta
Tiktok : @backpackerjakarta
Twitter : @official_bpj
Facebook : backpackerjakarta
Group Wa : 081237395539

Baca Artikel Lainnya