Danau & SungaiGunung

Ranu Kumbolo, Danau Cantik Primadona Si Mahameru

Gunung Semeru atau Mahameru. Gunung tertinggi di Pulau Jawa yang menjadi incaran para pendaki ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Dan termasuk ke dalam kategori gunung yang memiliki sejuta panorama alam yang indah tiada tara. Mulai dari savana yang anggun, bukit yang begitu elok, hingga danau alami yang sangat cantik bagaikan surganya dunia. Salah satunya adalah Danau Ranu Kumbolo.

Sumber Foto : pbs.twimg.com

Fyi guys, danau cantik primadonanya Mahameru ini masuk kedalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Malang, Jawa Timur. Lebih tepatnya berada di jalur pendakian Gunung Semeru via Ranupane. Berada di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut, dengan luas sekitar 14 Ha. Dan merupakan sumber air yang melimpah ruah.

Sumber Foto : tabloidwisata.com

Danau Ranu Kumbolo sendiri merupakan spot paling spesial bagi para pendaki. Serta menjadi persinggahan dan bonus bagi mereka yang ingin berlanjut ke puncak Mahameru. Walaupun ada pula pendaki yang datang hanya untuk bermalam di Ranu Kumbolo.  Hal ini tentu karena Ranu Kumbolo selalu berhasil menghipnotis mata siapapun yang memandang, hingga semua lelah di perjalanan pun terbayar sudah dengan keindahannya.

Sumber Foto : indonesiatrip.id

Bagaimana tidak ? Sesampainya di Danau Ranu Kumbolo, kamu akan disuguhkan pada danau alami yang diapit dua bukit cantik serta dikelilingi pepohonan dan hamparan padang rumput yang elok bak permadani di taman surga. Ditambah lagi air nya yang biru dan dingin pun akan membuatmu tak bisa menahan hasrat untuk merasakan kesegaran yang bisa menjadikanmu tampak lebih fresh dan enggan untuk beranjak kemana-mana.

Sumber Foto : visitlumajang.com

Tidak jauh dari Danau Ranu Kumbolo, kamu akan menemukan sebuah tanjakan yang berbentuk seperti hati. Tanjakan itu biasa disebut Tanjakan Cinta. Nah, dari situlah kamu dapat melihat sisi lain kecantikan si Ranu Kumbolo yang akan membuamu jatuh cinta dan selalu berbunga-bunga. Bahkan membuatmu tak henti mengucap syukur kepada Tuhan yang telah menciptakan alam seindah ini.

Sumber Foto : https://i.pinimg.com

Menariknya lagi, tidak ada waktu khusus untuk bisa menikmati si cantik Ranu Kumbolo ini. Karena kamu bisa melihat menikmatinya sepanjang hari. Seperti berburu sunrise di pagi hari, menikmati segarnya danau di siang hari, menunggu senja di sore hari, sampai menghitung bintang yang bertaburan di malam hari. Wah, rasanya lengkap sudah hari mu saat berada ditempat ini guys.

Nah, untuk menuju kesini, kamu bisa memulai perjalanan menuju Kota Malang. Kemudian bertolak ke Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Tempat dimana kamu bisa menyewa mobil jeep untuk mengantarkanmu ke titik awal pendakian, yaitu Desa Ranupane, Kabupaten Lumajang. Setelah itu kamu bisa memulai pendakian melewati Pos 1 sampai Pos 4 dengan waktu tempuh sekitar 5 jam untuk sampai di Danau Ranu Kumbolo.

Referensi : http://www.yukpiknik.com ; http://www.manusialembah.com

 

Tags

kikyamaleader

Hai! Panggil saja aku Rizky Amalia. Seorang perempuan yang hobby traveling dan hiking, kemudian dengan hati berbunga-bunga selalu bersemangat menceritakan kembali dalam bentuk tulisan agar bisa bermanfaat untuk orang banyak. Anyway, selain aktif menulis di Backpacker Jakarta, aku juga bagian dari Teater Enjuku'18, selain itu pernah menjadi Ketua UKM Seni Budaya STEI '15, Wakil Ketua OSIS SMKN 14, dan bagian dari Paskibra SMKN 14 serta Racata Taekwondo.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close