Seni & BudayaTradisi daerah

Pura Uluwatu Bali

Pura Uluwatu terletak di desa Pecatu, kecamatan Kuta, Badung. Pura ini sangat unik, terletak di atas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi menjorok ke laut lepas. Letak pura ini berada di ketinggian 97 m dari permukaan laut. Di dekat pura terdapat hutan kecil yang di sebut alas kekeran. Hutan ini berfungsi sebagai penyangga kesucian pura.

indonesiaexplorer.net

Pura Uluwatu merupakan sebuah pura Sad Kayangan yang di percaya orang hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin. Pada abad ke 11, pura ini menjadi tempat pemujaan pada seorang pendeta suci bernama Empu Kuturan. Seiring berjalannya waktu, pura ini juga di jadikan tempat pemujaan kepada Dang Hyang Nirartha.

1001wisata.com

Uluwatu mempunyai beberapa pura pesanakan yang berkaitan erat dengan pura induk nya. Pura pura tersebut antara lain pura Bajurit, pura Pererepan, pura Kulat, pura Dalem Selending dan pura Dalem Pangleboran. Pura pura ini berkaitan erat terutama saat hari piodalan. Hari piodalan di laksanakan pada hari selasa kliwon wuku medangsia atau lebih tepatnya setiap 210 hari. Tuhan yang di puja di pura ini adalah dewa Rudra.

rentalmobilbali.com

Letaknya yang berada di atas tebing dan langsung berhadapan dengan samudera hindia serta di bawah nya merupakan lokasi dari pantai Pecatu yang biasa digunakan untuk tempat berselancar, membuat Uluwatu di kenal tak hanya di Indonesia tapi juga sampai ke mancanegara.

galeriwisata.wordpres.com

Untuk berkunjung ke pura ini, kita cukup membayar sebesar 15ribu per orang. Di sepanjang jalan kita akan menjumpai banyak pedagang berjualan pisang. Pisang ini biasa di beli oleh wisatawan untuk memberi makan kepada monyet monyet liar yang ada di sepanjang jalan menuju pura uluwatu. Untuk kamu yang berkunjung ke tempat ini tetap hati hati dan waspada terhadap monyet liar tersebut yah.

tikettarikecakuluwatu.wordpress.com

Hendaknya saat berkunjung ke sebuah pura berpakaian lah yang rapi dan sopan. Jaga attitude dan tata krama. Di pura uluwatu ini biasa disediakan kain seperti sarung bagi pengunjung sebelum masuk ke lokasi pura.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close